9 Aplikasi Pengisi Minggu Terakhir Ramadhan & Persiapan Mudik Lebaran

Senin, 21 Juli 2014 | 16:21

Tidak terasa bulan suci Ramadhan tinggal seminggu lagi. Apakah kamu sudah memanfaatkannya dengan optimal? Nah, bila merasa belum coba simak beberapa aplikasi menarik yang dapat kamu gunakan untuk mengisi seminggu terakhir Ramadhan. Selain itu tim MakeMac juga menyertakan aplikasi persiapan mudik lebaran untuk kamu yang akan pulang kampung.

Aplikasi Ramadhan 2014

1. Quranesia

Membaca kitab suci Al-Quran di bulan Ramadhan sangatlah besar pahalanya. Karena itu pengguna perangkat iOS tentunya wajib menginstal Al-Quran digital yang bisa dibawa dan dibaca kapanpun saat dibutuhkan. Salah satu yang menjadi pilihan saya adalah Quranesia karya pengembang Dian Agus Triadi.

Karena dibuat oleh pengembang lokal, Quranesia menggunakan menu dan petunjuk dari bahasa Indonesia sehingga mudah digunakan siapa saja. Antarmukanya juga bersih dan jelas karena menggunakan font yang cukup besar. Agar dapat merampingkan ukuran penyimpanan, Quranesia hanya akan mengunduh data yang kamu butuhkan saja. Semisal audio surat, kamu bisa mengunduh beberapa surat yang diperlukan saja.

Fiturnya juga sangat lengkap yaitu membaca Al-Quran, membuat tanda markah bacaan, list untuk surat yang sudah kamu hapalkan, mencari kata dari terjemahan serta daftar audio setiap surat.

Karena dibuat untuk membantu umat Islam, Dian Agus Triadi atau biasa disapa DiDats berjanji untuk terus menggratiskan aplikasi ini. Dia juga selalu menerima kritik dan saran agar aplikasi islami ini dapat selalu tampil lebih baik.

Download Quranesia · Harga: Gratis

2. MuslimKit App

Pastinya kamu semua tahu MuslimKit, aplikasi multi fungsi bagi umat Islam. Berbagai fitur ibadah dapat kamu nikmati di aplikasi karya pengembang Fauzan Hamdi ini, antara lain notifikasi Adzan, Waktu Sholat, pencari kiblat, Hadits, kalkulator zakat, tasbih digital, dan lain sebagainya.

Meskipun sudah hampir satu tahun tidak ada pembaruan yang diberikan, namun MuslimKit masih tampak menarik untuk digunakan pada perangkat iOS 7. Semoga sang pengembang segera menghadirkan pembaruan agar tampilan MuslimKit dapat menjadi lebih segar dan senantiasa membantu kamu mencatat kegiatan ibadah.

Download · Harga:

3. Ainun

Berbagi foto dan pesan islami dengan desain menarik adalah ide dasar dari aplikasi Ainun. Tambahkan kaligrafi, quotes atau hal menarik lain diatas sebuah foto milikmu agar lebih menarik. Selesai membuat desain, langsung bagikan gambar tersebut ke berbagai sosial media seperti Facebook maupun Twitter.

Download · Harga:

4. Ibadah

Satu lagi aplikasi berdesain menarik karya DiDats yang hadir pada bulan Ramadhan ini yaitu bernama Ibadah. Berfitur lengkap dan mengusung tampilan indah, Ibadah dapat kamu gunakan untuk melihat jadwal waktu sholat, arah kiblat, notifikasi puasa sunnah serta pencatat tadarus. Tentu saja dibanderol gratis dan bebas iklan untuk digunakan di perangkat iPhone.

Download · Harga:

Aplikasi Mudik Lebaran

1. TripList

Sebelum berlibur pastinya kamu butuh packing atau mengemasi barang yang akan dibawa. Agar tidak ada barang tertinggal yang menyebabkan kamu kesulitan dalam perjalanan, coba gunakan app TripList untuk membuat list barang bawaan. Kelebihan dari TripList adalah mendukung kustomisasi nama barang bawaan serta jumlahnya dan juga menyimpan berbagai list perjalanan sehingga membuatnya cocok untuk digunakan para pecinta travelling. Simak review TripList yang pernah tim MakeMac bahas beberapa waktu lalu untuk info yang lebih lengkap.

Download TripList - Packing List Manager · Harga: Gratis

2. LewatMana

Memantau kemacetan jalan raya saat mudik memang penting, terutama untuk kamu yang bepergian menggunakan kendaraan pribadi. App Lewat Mana dapat membantu pengendara melihat CCTV atau mengakses informasi lalu lintas dengan cepat dan membuat kamu terhindar dari macet. Salah satu fitur yang menarik adalh Driving Mode yaitu melihat peta dan posisi kamu secara realtime.

Download LewatMana · Harga: Gratis

3. Waze

Kamu semua pasti tahu Waze, GPS dengan tambahan fitur jejaring sosial yang dapat membuat kamu saling membantu ditengah perjalanan. Saling bantu yang dimaksud adalah para pengguna Waze dapat saling melaporkan keadaan di jalan yang sedang dialaminya sehingga para pengguna yang berada atau menuju daerah tersebut dapat memperoleh informasi yang akurat. Misalnya informasi kemacetan, kecelakaan, jalur ditutup atau lainnya.

Karena berbasis komunitas, kamu juga bisa mendapatkan point tambahan untuk naik tingkat di fitur jejaring sosialnya untuk setiap informasi atau bantuan yang diberikan pada pengguna lain.

Sebagai catatan, Waze adalah aplikasi navigasi yang membutuhkan koneksi internet. Pastikan kamu berada di jangkauan sinyal internet yang baik agar dapat memperoleh posisi GPS yang akurat.

Download Waze Navigation & Live Traffic · Harga: Gratis

4. Flightradar24

Menunggu keluarga atau saudara yang akan mendarat menggunakan pesawat di bandara memang cukup membosankan. Nah, agar kamu tidak datang terlalu awal atau terlambat untuk menjemput, coba gunakan aplikasi Flightradar 24. Aplikasi ini dapat membantu kamu melakukan tracking perjalanan untuk setiap pesawat yang ada di dunia. Cukup masukkan nomer penerbangan dan aplikasi ini dapat memperlihatkan posisi pesawat tersebut secara realtime dengan bantuan positional data dari ADS-B transponders yang ada di setiap pesawat.

Download Flightradar24 | Flight Tracker · Harga: Gratis

Download · Harga:

5. Darisini

Setiba di tempat baru atau kampung halaman, pasti kamu ingin berjalan-jalan menuju beragam tempat menarik bukan? Coba gunakan app Darisini untuk membantu mencari tempat berdasarkan berbagai kategori seperti tempat hiburan, belanja, olahraga, pom bensin, hotel, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mendapatkan informasi detail sebuah tempat seperti alamat, nomor telpon, bahkan bisa menghubunginya langsung dari aplikasi DariSini.

Download · Harga:


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan