Pengembang Ini Berhasil Instal Tiruan Flappy Bird di Apple Watch

Rabu, 17 Juni 2015 | 13:50

Semenjak diperkenalkan akhir tahun lalu, Apple Watch baru mendapatkan dukungan fitur native apps di watchOS 2 yang hadir pada Keynote WWDC 2015. Sayangnya Apple tetap saja memberikan beberapa batasan desain dengan frameworks WatchKit. Namun ternyata hal ini berhasil dimanipulasi oleh beberapa pengemban untuk menghadirkan game sederhana dari iPhone ke Apple Watch.

Menurut laman MacRumors, game tiruan dari Flappy Birds berhasil dijalankan pada perangkat Apple Watch dengan memanfaatkan framework SpriteKit. Informasi ini didapatkan dari akun Twitter Hamza Sood yang menunjukkan kendali permainan dengan touch screen dan Digital Crown.

Hacked a Flappy Bird clone onto Apple Watch with native SpriteKit rendering, touch/crown control, SFX through speaker pic.twitter.com/U1cavXb7SN

— Hamza Sood (@hamzasood) June 16, 2015

Masih dari laman sumber yang sama, game endless runner Canabalt juga berhasil dihadirkan di Apple Watch. Namun sepertinya proses porting ini tidak sempurna karena tampilan tulisan Game Over nampak overlap alias menembus sisi tepian layar. Simak videonya berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Uji coba ini bukan yang pertama kalinya dipublikasikan. Minggu lalu 3 orang pengembang iOS yaitu @stroughtonsmith, @b3ll dan @saurik berhasil menggunakan UIKit dan SceneKit untuk membuat sebuah animasi sederhana berkat watchOS 2.

Bagi kamu yang belum tahu, watchOS 2 adalah sistem operasi baru untuk perangkat Apple Watch yang mendukung native apps. Fitur tersebut membuat pengembang lebih leluasa menghadirkan aplikasi yang berjalan langsung di perangkat Apple Watch – tidak hanya sebagai aplikasi pendukung dari yang ada di iPhone. Selain native apps, watchOS 2 juga memberikan dukungan untuk pengembang mengakses beragam sensor di Apple Watch dan juga piranti input lebih detail.

Bagaimana pendapat kamu mengenai keahlian para pengembang ini mengulik watchOS 2? Bagikan di kolom komentar ya!

[source site_name = “MacRumors” site_url = “http://www.macrumors.com/2015/06/16/apple-watch-hacked-truly-native-apps/”][/source]

Editor : Bagus Hernawan

Sumber : Hai Online