Cara Membuat Ringtone di iPhone Lewat GarageBand

Rabu, 13 Desember 2017 | 12:49

Ringtone atau nada panggilan adalah sesuatu yang biasa bagi semua pengguna perangkat ponsel. Karena terlalu biasa, terkadang kamu butuh Ringtone yang lebih personal agar dapat dengan mudah mengenali panggilan telepon dan informasi pesan masuk – terutama ketika berada di sekitar teman yang juga menggunakan iPhone.

Apple selama ini memberikan opsi Ringtone yang lebih personal dengan cara membeli Ringtone di iTunes Store dan unggah dokumen .m4r sendiri ke perangkat iOS. Namun bagaimana jika kamu tidak ingin membeli di iTunes Store namun juga tidak biasa dengan proses sync ke iTunes dan mengirimkan dokumen .m4r sebagai Ringtone? Nah artikel ini adalah jawabannya! Kamu dapat membuat Ringtone sendiri dari musik yang ada di perangkat iOS dengna beberapa langkah sederhana. Yuk langsung simak tutorialnya!

Persiapan

  1. Unduh GarageBand for iOS.
  2. Siapkan dokumen musik di aplikasi Music, iCloud Drive atau sumber lainnya. Musik dan layanan streaming seperti Apple Music atau Spotify tidak dapat digunakan dalam tutorial ini.

Tutorial Membuat Ringtone di GarageBand for iOS

  1. Masuk ke GarageBand for iOS.
  2. Cari fitur Audio Recorder lalu tekan di tampilan utama untuk masuk ke fitur tersebut.
  3. Di tampilan utama, tekan ikon nomor 2 dari kiri yang berbentuk kotak panjang dalam 3 baris. Tekan juga ikon Metronome di sebelah tombol Record untuk mematikan fitur tersebut.
  4. Di sebelah kanan atas layar, tekan ikon +.
  5. Pada jendela tampilan Song Sections > pilih Section A > Automatic ON. Tutup pengaturan dengan menekan tombol Done.
  6. Tekan tombol Loop, pilih musik yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.
  7. Tekan dan tahan musik yang ingin kamu buat menjadi Ringtone lalu bawa ke jendela tampila utama.
  8. Silakan potong durasi musik tersebut sesuai kebutuhan. Maksimal 30 detik untuk nada dering dan maksimal 4 detik untuk peringatan pesan. Silakan hapus bagian musik yang kamu anggap kurang menarik, mulai dari tengah atau mungkin langsung pendekkan menjadi 30 detik saja. Gunakan kreativitas kamu untuk bagian ini.
  9. Jika sudah selesai, simpan musik dengan cara menekan ikon panah ke bawah pada jendela tampilan di kiri atas, tekan My Songs.
  10. Masuk ke tampilan depan GarageBand, musik yang sudah kamu buat akan tampil di halaman tersebut. Tekan dan tahan lalu pilih Rename untuk memberi nama dokumen. Silakan kembali tekan dan tahan dokumen tersebut lalu pilih Share.
  11. Pilih Ringtone di jendela tampilan yang hadir dan tentukan nama dokumen tersebut jika ingin kamu ganti.
  12. Selesai, sekarang tinggal masuk ke Setting – Sounds dan pilih Ringtone yang sudah kamu buat.

Baca Juga:


Tips Membuat Ringtone di iOS

Dari beberapa kali percobaan, berikut ini tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat Rington di iOS lewat GarageBand.

  • Agar proses lebih cepat dan ringkas, siapkan dokumen musik dengan durasi yang sesuai, tidak perlu dipotong lagi menggunakan GarageBand.
  • Kamu bisa menggunakan fitur lain di GarageBand seperti efek suara dari Drums, Keyboard dan beragam lainnya untuk membuat musik sendiri.
  • Jika kamu kesulitan mencari dokumen ringtone yang menarik, silakan gunakan beragam website penyedia dokumen musik gratis. Seperti Incompetech, SoundCloud atau bisa juga gunaan YouTube Audio Library.
  • Pilih musik yang general dan tidak terlalu banyak jenis suara. Sehingga memudahkan kamu mengenalinya sebagai panggilan suara bukan musik atau lagu favorit yang diputar dari radio atau lainnya.
Download GarageBand · Harga: Gratis


iPhone X Hadir dengan Nada Dering Eksklusif “Reflection”


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan