MediaTek Punya Peluang Besar Jadi Pemasok Chip Modem buat iPhone 2018

Rabu, 27 Desember 2017 | 10:25

Apple dikabarkan sudah mengalihkan separuh pesanan chip modem dari Qualcomm ke Intel buat iPhone generasi berikutnya tahun depan. Hal ini menyusul perselisihan Apple dan Qualcomm soal pelanggaran paten semakin memanas.

Sementara hubungan Qualcomm dan Apple kian memburuk, nama MediaTek kembali muncul ke permukaan. Seperti dilaporkan Digitimes, perusahaan asal Taiwan tersebut bakal menjadi pemasok chip modem kedua setelah Intel.

Peluang MediaTek untuk memenangkan pesanan chip modem dari Apple buat iPhone 2018 pun cukup besar. Pasalnya, mereka disebutkan memiliki kriteria yang ditetapkan Apple sebagai pemasok chip modem, seperti teknologi, kapasitas produksi, dan juga harga bersaing.

Some industry watchers said that MediaTek meets the three principles long followed by Apple in determining providers of chip solutions for its various product lines: leading technological competitiveness, comprehensive product blueprints, and reliable logistic support.

Dalam laporan itu, peluang MediaTek untuk memenangkan pesanan chip modem dari Apple adalah untuk jangka pendek. Meskipun begitu, kerja sama MediaTek dan Apple disebutkan bisa berlanjut ke tingkat berikutnya.


Baca juga:


MediaTek juga memiliki peluang untuk menjadi pemasok komponen yang dibutuhkan untuk perangkat speaker pintar, perangkat wireless charging, dan lainnya. Hal ini mengingat mereka adalah pemimpin di pasar perangkat-perangkat tersebut.

Nama MediaTek sebelumnya mencuat akhir Oktober lalu. Saat itu, Apple dikabarkan sedang dalam penyelidikan untuk mengembangkan iPhone dan iPad yang hanya bakal mamakai chip-chip modem buatan Intel dan Mediatek.

Hal itu menyusul Qualcomm menahan chip-chip buatan untuk diujikan di prototipe perangkat-perangkat iOS. Dampaknya, Apple benar-benar akan meninggalkan Qualcomm dan memesan dari chip modem tambahan dari MediaTek buat produk-produknya.

[source site_name = “Digitimes” site_url = “http://www.digitimes.com/news/a20171226PD203.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah