HomePod Ternyata Bisa Putar Musik Format FLAC

Kamis, 25 Januari 2018 | 10:15

Tim Cook kemarin sesumbar HomePod menawarkan pengalaman audio berkualitas lebih baik kepada konsumen dibandingkan dengan produk sejenis dari pesaing, Amazon dan Google. Pernyataan bos Apple tersebut benar adanya.

Pasalnya, HomePod diketahui mendukung format audio berkualitas tinggi. Sebagaimana info yang diperoleh 9to5Mac, speaker pintar pertama dari Apple tersebut mendukung format audio Free Lossless Audio Codec (FLAC).

FLAC adalah format audio lossless yang kompresi data yang dihasilkan hampir sama dengan kualitas audio aslinya. Tak heran jika format audio digital ini membutuhkan ruang penyimpanan yang jauh lebih besar daripada format audio lain, misalnya MP3.

Sebagai contoh, sebuah lagu format MP3 memiliki ukuran file rata-rata hanya 3,5MB. Namun ukuran file format FLAC bisa jauh lebih besar, mencapai lebih dari 30MB per lagu.

Apple sendiri memiliki format audio lossless-nya sendiri yaitu Apple Lossless Audio Codec (ALAC). Namun format audio digital tersebut hanya didukung produk-produk dalam ekosistem milik Apple sendiri.


Baca juga:


Kabarnya, Apple tahun lalu sudah memberikan dukungan format FLAC untuk sebagian besar produk-produknya. Kini dukungan format audio digital resolusi tinggi tersebut disematkan dalam produk barunya, HomePod.

Format FLAC bisa dibilang sebagai nilai jual yang menarik dan salah satu fitur andalan yang ditawarkan HomePod dibandingkan lawan-lawannya. Dan konsumen yang menggemar musik berformat lossless bakal menyukainya.

HomePod sendiri bakal dilengkapi AirPlay 2 yang memungkinkan pemutaran musik berformat lossless dilakukan. Hal ini karena koneksi nirkabel Bluetooth dengan codec biasa saja tidak cukup dan terbatas untuk memutarkannya karena bandwidth-nya yang lebih tinggi.

Konsumen di sejumlah negara, AS, Inggris, Australia, bisa mulai memesan HomePod dengan harga $349, Jumat besok, 26 Januari. Sedangkan peluncurannya di pasaran bakal dilakukan pada 9 Februari.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2018/01/24/homepod-flac-support/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Andri Alfansyah