Follow Us

Apa itu Keychain?

Kuswanto - Selasa, 14 Oktober 2008 | 11:13
Apa itu Keychain?

Apakah Anda tahu Keychain? Setiap kita memasukan user name dan password baik itu di website, network atau di aplikasi-aplikasi lain, informasi tersebut akan masuk ke dalam database, yang disebut Keychain. Jadi, Keychain merupakan sebuah aplikasi yang sangat erat hubungannya dengan sekuritas Anda. Silahkan baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih banyak mengenai Keychain.Aplikasi Keychain terdapat disemua Mac, tersimpan didalam folder Applications/Utilities. Berikut adalah anatomi dari jendela Keychain.

Perhatikan gembok di sebelah kiri atas, Anda bisa mengunci Keychain untuk kemanan. Ketika ingin membaca data, Anda akan ditanyakan kata kunci Keychain.

Di sebelah kiri Anda bisa melihat kelompok Keychains, dan kategori Keychains.

Dalam aplikasi Keychains kita bisa melihat informasi username dan kata kunci akun internet, aplikasi atau network.

Membuat Keychain sendiri

Anda bisa membuat kelompok keychain sendiri dengan mengakses menu Create New Keychain…. Dalam keychain ini anda bisa menyimpan data login, sertifikat, atau catatan rahasia.

Mencari kata kunci yang terlupakan

Apabila Anda melupakan sebuah kata kunci pada suatu website, Anda bisa melihat kata kuncikata kunci tersebut di Keychain dengan mengklik dua kali alamat website tersebut.

Anda akan diminta untuk memasukan kata kunci global Keychain, kata kunci keychain bisa sama dengan kata kunci akun pengguna Mac Anda atau bisa berbeda.

Setelah itu klik cekmark untuk memperlihatkan kata kunci yang telah Anda lupakan. Anda akan diminta kata kunci Keychain untuk melihat kata kunci website tersebut.

Membuat catatan rahasia

Anda juga bisa membuat catatan rahasia di aplikasi Keychain Access. Klik kategori Secure Notes dan kemudian klik tanda + di sebelah kanan. Masukan judul catatan, dan isi dari catatan Anda.

Apabila Anda ingin melihat catatan tadi, Anda akan diminta untuk memasukan kata kunci Keychain terlebih dahulu.

Kesimpulan

Jadi Keychain bukan hanya sebagai pengumpul data kata kunci saja, tapi juga bisa sebagai sebuah brankas catatan rahasia. Jangan pernah memberikan kata kunci akun Mac Anda, karena kata kunci tersebut bisa menjadi kata kunci Keychain dan informasi penting akan terancam.

Apakah selama ini Anda telah menggunakan Keychain Access? Apabila ya, digunakan untuk apa saja?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest