Follow Us

iTunes Store Error -50 dan Ethernet OSX

Adham Somantrie - Kamis, 23 Desember 2010 | 13:19
iTunes Store Error -50 dan Ethernet OSX

Peringatan: Tutorial ini tidak ditujukan untuk para pengguna pemula. Anda diharapkan telah mengerti konsep jaringan dan Mac OS X serta dasar UNIX ketika menggunakan panduan ini.

Beberapa waktu yang lalu saya mendapati masalah ketika saya hendak menyelaraskan (sync) iPhone pada iTunes di Mac saya. Untuk menyelaraskan aplikasi, tentunya keduanya baik iPhone maupun iTunes pada Mac harus terotorisasi (authorized) dengan akun (account) yang sama. Namun ternyata saya selalu mendapati pesan kesalahan setiap saya mencoba untuk otorisasi akun iTunes Store.

Banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya pesan kesalahan tersebut. Umumnya adalah gangguan atau kesalahan konfigurasi jaringan internet. Namun ternyata di jaringan yang sama, komputer lain dapat melakukan otorisasi dengan baik. Sehingga saya mulai menaruh curiga pada mesin Mac saya.

Setelah seharian meneliti, akhirnya saya menemukan kejanggalan pada konfigurasi jaringan di Mac. Built in Ethernet menempati en2, bukan en0 seperti biasanya. Mungkin sebelumnya saya pernah mengutak-atik konfigurasi jaringan. Anda dapat memeriksakannya menggunakan aplikasi Terminal. Cukup ketikkan:

ifconfig -a

Mungkin akan muncul cukup banyak antarmuka jaringan. Tapi cukup fokuskan pada yang berawalan “en”. Umumnya akan hanya ada satu antarmuka, kecuali Mac Anda memiliki Ethernet lebih dari satu. Dalam kasus saya, hanya ada “en2” seperti berikut:

en2: flags=8863<UP,BROADCAST,SMART,RUNNING,SIMPLEX,MULTICAST> mtu 1500ether 00:1c:c0:0e:f9:eainet6 fe80::21c:c0ff:fe0e:f9ea%en0 prefixlen 64 scopeid 0x4inet 192.168.99.249 netmask 0xffffff00 broadcast 192.168.99.255media: autoselect (100baseTX <full-duplex>)status: active

Nah, “en2” yang harus dikembalikan menjadi “en0”. Untuk melakukannya, kita akan menggunakan modus teks di Terminal. Ketikkan:

sudo nano /Library/Preferences/SystemConfiguration/NetworkInterfaces.plist

Karena “sudo” membutuhkan akses administrator, maka Anda akan diminta untuk memasukkan password Anda. Setelah Anda masuk ke aplikasi nano tersebut, maka carilah baris yang berformat “<string>enX</string>” dan “<integer>X</integer>”, dimana X adalah angka identifikasi Ethernet tersebut. Dalam kasus saya adalah angka “2”. Sehingga saya mencari baris “<string>en2</string>” dan “<integer>2</integer>”.

Lalu saya ubah menjadi “<string>en0</string>” dan “<integer>0</integer>”. Setelah itu simpan berkas dengan menekan tombol “Ctrl+O”, dan diikuti tombol “Enter”. Lalu keluar dari aplikasi nano dengan menekan tombol “Ctrl+X”.

Setelah itu, Anda dapat langsung keluar dari aplikasi Terminal dengan kunci pintas “CMD+Q”. Dan melakukan restart pada Mac Anda.

Ketika Anda selesai melakukan restart, maka buka System Preferences, klik Networks. Jika tanda gembok di kiri bawah masih terkunci, maka buka terlebih dahulu dengan mengkliknya. Lalu klik tombol “+” yang ada di atas tanda gembok tersebut untuk menambahkan antarmuka jaringan. Lalu pilih “Interface” dengan “Ethernet” dan beri nama pada “Service Name”, misalnya “Built-in Ethernet”. Jika perlu, konfigurasikan jaringan Anda. Atau, biarkan saja jika jaringan Anda menggunakan DHCP (konfigurasi otomatis).

PS: Dalam kasus ini saya menggunakan Snow Leopard 10.6.3. Langkah terakhir mungkin berbeda jika Anda tidak menggunakan Snow Leopard.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Adham Somantrie

Latest