Follow Us

Cara Membuat Installer Bootable Disk Mountain Lion

Kuswanto - Senin, 30 Juli 2012 | 10:37
Cara Membuat Installer Bootable Disk Mountain Lion

Apple sudah tidak membuat lagi DVD installer OS X, mulai dari OS X Lion diluncurkan melalui Apple Store, begitu juga dengan OS X 10.8 Mountain Lion. Bagi kita yang berada di negara dengan kecepatan internet lambat, download berulang-ulang installer Mountain Lion bukanlah sebuah opsi yang bijaksana.

Dulu saya pernah mengulas tentang Lion DiskMaker, sebuah aplikasi kecil yang dapat membuatkan bootable installer Lion OS X. Pengembangnya melakukan update, membuatnya bisa membuat installer Mountain Lion di USB disk atau DVD.

Ketika Mountain Lion sudah selesai diunduh, jangan langsung jalankan proses instalasi. Copy terlebih dahulu filenya ke tempat lain di luar folder Applications, karena setelah proses instalasi selesai, file installer akan hilang.

Yang dibutuhkan tutorial ini adalah; aplikasi Lion DiskMaker, DVD kosong, USB disk minimal 8GB yang tentunya sudah dibackup.

Berikut ini cara membuat bootable USB/DVD disk Mountain Lion.

  1. Pastinya! Download Lion Disk Maker terbaru. Kalau tidak bisa dijalankan, mungkin kamu harus melonggarkan dulu GateKeeper Mountain Lion, baca terlebih dahulu tutorial supaya Mountain Lion dapat menjalankan aplikasi di luar App Store.
  2. Jalankan Lion DiskMaker kemudian pilih versi OS X, kali ini pilih Mountain Lion.
  3. Pilih Installer Mountain Lion, Lion DiskMaker akan mendeteksi installer Mountainn Lion yang ada di hardisk. Pilih Use This Copy apabila file yang ditampilkan sudah sesuai.
  4. Pilih format Boot Disk, selanjutnya pilih format, apakah mau DVD atau USB Disk. Dalam tutorial ini saya menggunakan USB disk dengan memilih “Create a boot disk”.
  5. Pilih Drive, pilihlah jenis drive tergantung dari apa yang dipakai. Ada dua pilihan “An 8GB USB thumb drive” khusus apabila kamu memakai USB stick. Kalau pakai eksternal hardisk jenis lain, pilihlah “Another kind of disk”, yang akan dilanjutkan dengan memilih drive hard disk.
  6. Penghapusan hard disk, data yang ada di USB disk sudah dibackup, kan? Kalau sudah siap, tekan tombol “Erase then create the disk”.
  7. Proses pembuatan bootable disk sedang berlangsung, tunggu sampai finder menampilkan gambar background Mountain Lion atau muncul sebuah window seperti di bawah ini.
  8. Selesai, selanjutnya kamu bisa boot ke USB disk atau DVD. Ketika boot up pada saat logo Apple/suara bong tekan tombol Option, kemudian pilih drive Mountain Lion bernama EFI Boot.
Apabila masih ada yang kurang jelas, silakan tanyakan di komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest