Follow Us

Membuat Digital Wallet di iPhone

Sayz Lim - Senin, 01 April 2013 | 13:51
Membuat Digital Wallet di iPhone

Apa yang akan kamu lakukan ketika kehilangan dompet? Kamu bisa melaporkannya ke pihak berwajib, tetapi bagaimana jika seandainya kamu membutuhkan informasi tersebut secara langsung?

Tulisan ini saya tulis setelah membaca pengalaman Katie Floyd, salah satu kontributor Macworld, yang sempat kehilangan dompetnya. Dia cukup beruntung karena berhasil menemukan kembali dompetnya yang hilang. Tetapi keberuntungan yang dialami oleh Katie belum tentu bisa dialami oleh setiap orang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengambil langkah pencegahan dengan mulai membuat Digital Wallet atau dompet digital.

Konsep dompet digital bukan sebuah hal yang baru. Saya yakin beberapa dari pembaca MakeMac sudah menerapkan konsep ini dalam iPhone mereka. Pada dasarnya kamu memindahkan data-data penting di dompet ke iPhone. Portabilitas iPhone memungkinkan kamu membawa data-data tersebut setiap saat. Kalaupun tidak membawa iPhone, kamu tetap bisa mengambil data-data tersebut dengan menggunakan layanan seperti Dropbox.

Terdapat dua cara untuk memindahkan isi dompet ke iPhone:

  • Menggunakan scanner: Kalau kamu mempunyai scanner di rumah atau kantor, maka gunakan mesin tersebut untuk menyalin bagian depan dan belakang kartu identitas. Pastikan semua kartu disalin dalam format PDF yang bisa dibuka pada platform apapun.
  • Mengambil foto dengan kamera: Kalau yang ini bisa diterapkan oleh kamu yang belum mempunyai scanner. Sekarang kualitas kamera sudah cukup bagus untuk merekam dokumen tertulis, termasuk kartu identitas. Gunakan Preview atau Pixelmator untuk membenarkan posisi gambar yang kurang pas.
Ada satu hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini, yaitu keamanan. Kamu tidak mungkin menyimpan semua dokumen penting dalam iPhone tanpa melindunginya dengan sebuah gerbang keamanan. Kamu bisa memasang passcode pada iPhone, tetapi itu belum cukup. Kamu membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat melindungi informasi-informasi sensitif di atas.

Sampai saat ini terdapat dua aplikasi yang menurut saya cukup bagus untuk menyimpan informasi sejenis ini. Yang pertama adalah 1Password buat iOS yang memang dirancang khusus untuk menyimpan informasi sensitif. Sedangkan yang satunya lagi adalah Evernote. Khusus untuk Evernote kamu membutuhkan akun premium agar dapat memasang password pada aplikasinya. Saya merekomendasikan Evernote bagi kamu yang memang sudah berlangganan dan belum mempunyai 1Password.

Kesimpulan

Meskipun kartu identitas versi digital belum tentu diterima secara hukum, hal ini lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Kamu tidak perlu menyimpan semua dokumen secara online. Cukup pilih beberapa hal yang diperlukan ketika berada di luar rumah, misalnya SIM, STNK, dan KTP. Semoga ketika kamu kehilangan, sang polisi akan menerima versi digital yang kamu perlihatkan dari iPhone.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest