Follow Us

Konfigurasi Mac sebagai Web Server

Adham Somantrie - Kamis, 16 Januari 2014 | 12:22
Konfigurasi Mac sebagai Web Server

Membuat webserver menggunakan Mac dan OSX adalah hal mudah dengan menggunakan solusi pihak ketiga seperti MAMP. Kombinasi Apache, MySQL, dan PHP merupakan yang umum digunakan untuk webserver. Solusi webserver berbasis httpd atau Apache sebenarnya sudah tersedia di OSX. Begitu pula dengan modul PHP. Kamu hanya perlu untuk mengaktifkannya tanpa perlu memasang aplikasi tambahan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya.

Untuk pengguna OSX Lion dan versi sebelumnya, webserver bisa diaktifkan dengan mudah melalui System Preferences. Di menu Sharing, centang pilihan Web Sharing, dan webserver pun sudah aktif.

Namun untuk pengguna OSX Mountain Lion (dan Mavericks) akan sedikit kesulitan karena Apple telah menghilangkan menu web sharing di System Preferences. Salah satu solusinya adalah mengaktifkan secara manual melalui Terminal.app dengan perintah berikut:

sudo apachectl start

Buka Safari atau web browser pilihan kamu, lalu cek status webserver dengan mengakses localhost atau 127.0.0.1 . Jika tidak muncul pesan error, maka webserver berhasil diaktifkan.

Untuk menghentikan webserver, gunakan perintah berikut:

sudo apachectl stop

Sementara untuk melakukan restart webserver, gunakan perintah berikut:

sudo apachectl restart

Kamu harus mengaktifkan webserver ini setiap Mac dihidupkan atau setelah restart Mac. Kalau kamu tidak selalu membutuhkan webserver aktif, tentunya tidak jadi masalah. Tapi kalau kamu selalu membutuhkan webserver aktif, misalkan karena kamu memang web developer, gunakan solusi berikut ini. Ketikkan perintah berikut di Terminal.app:

sudo defaults write /System/Library/LaunchDaemons/org.apache.httpd Disabled -bool false

Nah, selesai sudah urusan webserver. Sekarang kita aktifkan modul PHP!

Editor : Adham Somantrie

Latest