Follow Us

Konfigurasi Virtual Host Apache di Mac

Adham Somantrie - Kamis, 16 Januari 2014 | 13:41
Konfigurasi Virtual Host Apache di Mac

Setelah berhasil membangun webserver di OSX, mungkin kamu akan membutuhkan fitur virtual host agar dapat menampung berbagai website dalam satu mesin. Atau mungkin kamu adalah webdeveloper yang mengerjakan banyak situs di mesin lokal kamu, maka virtual host akan banyak membantumu.

Yuk konfigurasikan virtual host di Mac kamu!

Yang perlu dipersiapkan adalah lokasi berkas webserver dan nama domain yang akan digunakan. Misalnya kamu sedang mengerjakan situs dengan alamat produksi di https://makemac.com/ , sementara kamu biasanya mengerjakan di mesin lokal dengan alamat http://localhost/~adhams/makemac/ , maka kamu bisa mengakses situs di mesin lokal dengan alamat http://makemac.local/ untuk memudahkan.

Untuk itu, kamu harus mendaftarkan domain makemac.local tersebut di mesin kamu sendiri agar browser kamu dapat diarahkan ke mesin lokal saat mengakses http://makemac.local/

Sunting berkas /etc/hosts dengan nano di Terminal:

sudo nano /etc/hosts

Tambahkan baris berikut

127.0.0.1 makemac.local

Pastikan setelah angka 1 dan sebelum makemac kamu menggunakan “tab”, bukan spasi. Tentunya, sesuaikan “makemac.local” dengan domain yang mau kamu pakai. Simpan berkas dengan kombinasi tombol CTRL-O dan keluar dengan CTRL-X.

Kalau kamu menggunakan virtual host untuk mesin produksi, langkah di atas tidak perlu dilakukan. Pastikan saja domain yang mau digunakan sudah mengarah ke IP address mesin produksi kamu.

Selanjutnya, aktifkan virtual host di Apache. Sunting berkas httpd.conf dengan nano di Terminal:

sudo nano /etc/apache2/httpd.conf

Editor : Adham Somantrie

Latest