Follow Us

Pendapat Tim Cook Terkait Akuisisi Motorola Oleh Lenovo

Bagus Hernawan - Senin, 10 Februari 2014 | 17:54
Pendapat Tim Cook Terkait Akuisisi Motorola Oleh Lenovo

Perjanjian akuisisi Motorola yang diteken oleh Lenovo dan Google, telah menarik perhatian sebagian kalangan. Tak terkecuali CEO Apple Tim Cook yang dalam sebuah kesempatan mengomentari transaksi tersebut. Namun sebagai rival utama Google, Cook justru memilih untuk menyerang pesaing utamanya di bisnis mobile device tersebut.

“Saya tidak terkejut (atas akuisisi tersebut),” ungkap Cook, seperti yang JerukNipis kutip dari TheVerge, Jumat (7/2/2014). Pasalnya, sang pengganti posisi Steve Jobs ini menyebutkan bahwa performa Motorola sangatlah buruk di pasaran yang membuat perusahaan asli Amerika ini tidak begitu berharga di mata Google.

Namun, Cook juga menyatakan salah satu alasan lain: “Sangat sulit untuk menjalankan bisnis hardware, software, dan layanan, serta menghubungkannya dalam satu lingkaran. Hal inilah yang membuat Apple begitu istimewa,” ungkap Cook lebih lanjut lagi. “Sangat sulit, sehingga mereka tidak akan (mampu) melakukan hal tersebut.”

Google hingga saat ini memang masih berkutat di bisnis software. Hal ini dibuktikan lewat dominasinya di dunia mobile OS. Meski begitu, pendapat Cook tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, Google kini tengah mencoba melebarkan sayapnya dengan membangun ponsel dan perangkat Nexus, serta notebook Chromebook Pixel.

Di luar pendapat yang dilontarkan Cook, patut diakui bahwa performa Motorola tengah mengalami kemunduran. Hal ini dibuktikan lewat gagalnya penjualan ponsel perdana hasil kerjasamanya dengan Google, yaitu Moto X. Meski berhasil tertolong oleh Moto G, namun secara umum perusahaan pembuat alat telekomunikasi ini tengah terpuruk.

Artikel ini adalah cross-posting JerukNipis dan MakeMac


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest