Follow Us

Microsoft OneNote Sudah Tersedia untuk OSX, Mari Simak Kegunaannya

Bagus Hernawan - Jumat, 21 Maret 2014 | 20:32
Microsoft OneNote Sudah Tersedia untuk OSX, Mari Simak Kegunaannya

Microsoft akhirnya merilis OneNote untuk OS X, aplikasi untuk membuat digital notebook. Kamu bisa membuat dokumentasi pekerjaan, check-list daftar belanjaan, berbagi catatan kuliah atau catatan perjalanan dengan teman menggunakan OneNote. Aplikasi ini mendukung penyimpanan menggunakan cloud storage dari OneDrive yang dapat kamu gunakan gratis. Kali ini tim MakeMac akan berbagi langkah-langkah menggunakan OneNote pada perangkat OS X.

Unduh OneNote

Kamu harus menggunakan OS X Maverick atau juga dikenal dengan nama OS X 10.9 untuk menggunakan OneNote. Unduh OneNote dengan ukuran 235 MB di Mac App Store pada perangkat komputer Mac atau melalui link ini. Selain membutuhkan OS X Maverick, kamu juga harus memiliki akun di Microsoft untuk menggunakan OneNote.

Membuat Akun Microsoft

Setelah selesai mengunduh, buka OneNote dari folder Application di Finder. Pada tampilan awal, kamu akan mendapatkan informasi tentang OneNote dan diminta login ke akun Microsoft. Bila belum memiliki akun, pilih Create an Account. Seperti biasa, email verifikasi akan dikirimkan dan kamu harus melakukan verifikasi sebelum menggunakan akun tersebut.

Tampilan Awal OneNote

Gambar diatas adalah tampilan awal OneNote. Bagi kamu yang sebelumnya pernah menggunakan OneNote di sistem operasi Windows, tampilan ini pasti tidak asing. Sesuai dengan ciri khas Microsoft pada aplikasi Microsoft Office, kamu dapat melihat menu yang dibuat menggunakan ribbon untuk Home, Insert dan View. Di bagian bawahnya adalah Notebook atau buku agenda digital milikmu yang bisa diisi dengan banyak Section. Setiap Section bisa kamu isi dengan banyak Page sesuai kebutuhan.

Membuat Catatan Di OneNote

Sekarang mari kita coba buat catatan di OneNote. Aplikasi ini bisa membuat berbagai jenis catatan seperti Check-List, tabel, alamat, nomor telepon dengan tampilan icon yang menarik dan sederhana sehingga mudah diingat. Selain itu kamu juga bisa membuat catatan di sudut atau posisi yang kamu inginkan cukup dengan klik pada tampilan utama OneNote dan mulai mengetik. Meletakkan gambar juga menjadi sangat mudah, cukup pilih menu Insert > Picture pada OneNote dan pilih gambar. Melakukan resize juga mudah, cukup tarik sudut dari gambar tersebut dan lakukan resize sesuai kebutuhan. Kamu bisa mengubah warna latar belakang catatan dari menu View > Page Colour.

Berbagi Catatan

Tunjukkan catatan kepada teman atau rekan kerja dengan fitur sharing di OneNote. Terdapat 2 mode untuk sharing yaitu View Only dan View And Edit. Untuk melakukan sharing tekan icon ‘+’ di kanan atas jendela OneNote lalu pilih Get Sharing Link. Pilih View Only atau View And Edit sesuai kebutuhan kamu. Setelah itu OneNote akan membuat link yang bisa kamu berikan untuk berbagi catatan. Sebagai catatan, sharing yang kamu lakukan akan membuat teman bisa membaca semua note dalam sebuah Notebook. Kamu bisa membuat Notebook baru dari menu bar dengan memilih File > New Notebook.

Akhir Kata

Menurut pendapat saya, OneNote untuk OS X sangat mudah untuk digunakan. Kamu bisa membuat catatan dengan warna yang menarik dan berbagai icon yang membuatnya mudah diingat. Pembagian notes dalam Section dan Pages di dalamnya membuat saya bisa memiliki catatan yang lebih rapi dan mudah diakses. Jangan lupa untuk menunggu OneNote selesai melakukan sinkronisasi ke cloud storage sebelum menutupnya. Setelah melakukan sync, kamu bisa mengakses data terbaru di perangkat lain yang terkoneksi dengan akun OneNote seperti OneNote untuk iOS atau melalui website.

Download Microsoft OneNote ร‚ยท Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest