Follow Us

Apple Resmi Memperkenalkan iOS 8; Health app, iCloud Drive dan Lainnya

Hendra Saputra - Selasa, 03 Juni 2014 | 03:42
Apple Resmi Memperkenalkan iOS 8; Health app, iCloud Drive dan Lainnya

Apple resmi memperkenalkan suksesor iOS 7 saat gelaran WWDC 2014 berlangsung, yang mereka sebut dengan iOS 8. Tidak seperti iOS 7 yang didominasi oleh tampilan antarmuka yang baru, iOS 8 menitikberatkan pemutakhiran pada penambahan fitur.

Dipaparkan secara jelas oleh Craig Frederighi (SVP of Software Engineering Apple) hari Rabu, 3 Juni 2014, iOS 8 hadir dengan pemutakhiran dan penambahan fungsi pada Messages app. Fitur barunya kini memungkinkan kita berkirim pesan suara, berkirim video singkat, hingga membalas pesan tanpa perlu pindah aplikasi. Lalu ada pula keyboard yang mampu memprediksi kata, spotlight yang dimutakhirkan, hingga keyboard yang mampu memprediksi.

Salah satu fitur yang disebut Frederighi saat event berlangsung cukup menarik perhatian saya; Continuity. Fitur ini memungkinkan terjadinya integrasi menarik antara perangkat iOS yang kita miliki dengan Mac. Katakanlah kamu sedang menulis sebuah email di iPad, dan berkat fitur tersebut, proses itu bisa kamu lanjutkan di Mac dengan hanya satu kali klik saja. Hal ini juga berlaku ketika kamu sedang membuka sebuah halaman situs.

Perubahan Photos app juga menarik. Dengan tambahan iCloud Photo Library, Apple ingin membuat kamu seakan memiliki brankas foto pribadi. Tiap-tiap foto yang kamu ambil nantinya akan tersimpan di iCloud dan secara bersamaan, muncul pula di perangkatmu yang lain. Tidak hanya itu, foto yang sudah kamu olah hingga metode pengaturan folder foto kamu juga akan diperbarui di perangkatmu yang lain, sesuai dengan yang kamu lakukan pada perangkatmu tersebut.

Kenyataan mengenai HealthBook sendiri akhirnya terbuka pada WWDC 2014 dengan munculnya Health. Health adalah aplikasi yang bertugas mengumpulkan berbagai data kesehatanmu – mulai dari detak jantung hingga jumlah langkah – dari beragai aplikasi pihak ketiga yang ada di perangaktmu, dan menghadirkannya sebagai satu kesatuan informasi guna kesederhanaan penggunaan. Para pengembang bisa mengintegrasikan aplikasi kesehatan mereka dengan Health, jika menggunakan tools khusus yang bernama HealthKit.

Baca juga: [Bocoran Lengkap HealthBook, Fitur Kesehatan iOS 8][4]


Lalu ada pula iCloud Drive. Fitur ini mengeksplor lebih lanjut potensi iCloud sebagai sarana penyimpanan di awan yang Apple sediakan. Tidak hanya sebatas backup atau portal perpindahan foto atau data lainnya, kini kita juga bisa menyimpan berbagai file, dokumen, foto, dan lainnya, lalu mengolahnya sebebas kita dengan hadirnya iCloud Drive. Agak mirip dengan Dropbox konsepnya.

Apple pun akhirnya menghadirkan widget di iOS 8 yang mengambil tempat di dalam Notification Center, serta memperluas kapabilitas Siri sebagai asisten pintar – dan mengganti warna ikonnya! Kini Siri bisa kita aktifkan dengan hanya mengucap “Hey Siri!” saja dan berkat integrasi dengan Shazam, Siri juga bisa memberitahumu lagu apa yang sedang berputar – dan membelinya langsung dari iTunes. Siri juga akan semakin responsif seiring pemahamannya yang meningkat terhadap suaramu, serta tambahan terhadap 22 bahasa baru.

Editor : Hendra Saputra

Latest