Follow Us

Review Clips, Clipboard Manager Wajib di iOS 8

Bagus Hernawan - Senin, 13 Oktober 2014 | 17:04
Review Clips, Clipboard Manager Wajib di iOS 8

Kamu pasti sering menyalin dan tempel (copy – paste) teks atau tautan yang sama beberapa kali bukan? Bila di perangkat OS X kamu bisa menggunakan Clip Menu sebagai clipboard manager, bagaimana dengan iOS? Tenang, sekarang ada solusinya yaitu menggunakan Clips dari pengembang Clean Shave Apps. Saya sudah mencobanya dan sangat antusias untuk membuat review.

Sekilas Tentang Clips

Dengan Clips, pengguna dapat membuat rangkuman clipboard yang terdiri dari 2 inti data: teks dan tautan. Selain itu Clips juga dapat memberikan preview dari tautan sebuah gambar. Kamu bisa menyimpan hasil salinan (copy) dalam list clipboard di aplikasi ini. Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan yaitu extension Safari di iOS 8, keyboard kustomisasi atapun widget di Notification Center.

Melakukan Pengaturan Clips

Ketika pertama kali menginstal aplikasi ini, kamu akan disuguhkan dengan sepintas tutorial untuk menggunakan aplikasi ini. Ada beberapa hal yang harus kamu atur, yaitu Allow Access di bagian Keyboard serta menambahkan widget di Notification Center.

Pertama, buka aplikasi Settings – General – Keyboard – Edit. Tambahkan Clips ke daftar keyboard aktif lalu aktifkan fitur Allow Full Access agar dia dapat digunakan secara maksimal.

Lanjut ke pengaturan widget, swipe ke bawah dari sisi atas perangkat iPad maupun iPhone. Pilih tab today, scroll ke bawah dan tekan pilihan edit. Tambahkan Clips ke daftar di bagian atas dengan menekan ikon + hijau. Setelah itu tekan Done.

Berikutnya kita aktifkan extensions Clips di peramban Safari. Tekan ikon kotak bertanda panah atas di sisi kanan address bar Safari. Swipe ke kanan untuk deretan paling bawah, pilih More lalu aktifkan Clips.

Sekarang kamu bisa kembali ke Clips untuk mengatur sisanya. Masuk ke aplikasi tersebut lalu tekan teks Settings di kiri atas. Ada beberapa pengaturan seperti berapa clipboard yang dapat disimpan, sinkronisasi dengan perangkat lain (Pro version), atau template untuk menyalin.


Baca Juga: Flycuts: Clipboard Manager Gratis Buat Mac


Mari Mencoba Clips!

Saatnya mencoba aplikasi handal ini, saya memilih extension Safari sebagai percobaan pertama. Buka peramban Safari di iPad atau iPhone, lalu coba buka salah satu laman di MakeMac. Tunggu hingga proses loading selesai, lalu tekan ikon kotak bergaris panah tadi, pilih Clips. Setelah itu akan muncul tampilan Clips dengan bagian atas yaitu Template, bagian bawahnya adalah teks dan alamat tautan dari web yang sedang kamu buka. Pilih jenis action yang kamu inginkan, ada salin dan tambahkan ke Clips, tambahkan ke Clips saja atau salin saja. Saya pilih yang pertama untuk membuat tutorial ini.

Sudah? Sekarang coba kita akses melalui keyboard Clips. Buka aplikasi Notes atau semacamnya. Tekan ikon bola dunia di bagian keyboard hingga kamu masuk ke bagian Clips. Di bagian tersebut akan tampil list clipboard yang telah kamu buat. Tekan ikon panah di bagian kanan untuk memilih template menyalin (paste) yang kamu inginkan. Mudah dan menarik bukan?

Lanjut ke percobaan berikutnya, Widget Clips di Notification Center. Fitur ini dapat befungsi ganda yaitu menampilkan hasil teks yang baru saja kamu salin di clipboard, atau menempel (paste) dari daftar Clips yang sudah dibuat sebelumnya.

Coba kamu cari teks atau gambar menarik di peramban iOS. Setelah itu blok teks atau tekan dan tahan gambar tersebut, kemudian tekan copy. Sudah? Munculkan Notifcation Center, di bagian Clips akan terlihat sebuah list dengan kotak garis patah-patah. Nah, itu adalah simpanan kamu di clipboard. Bila ingin menambahnya ke list clipboard, tekan ikon + di sisi kirinya.

Editor : Bagus Hernawan

Latest