Follow Us

Review Spender, Pencatat Keuangan Ringan & Cepat di iPhone

Bagus Hernawan - Senin, 01 Desember 2014 | 13:34
Review Spender, Pencatat Keuangan Ringan & Cepat di iPhone

Sudah lama tim Makemac tidak berbagi review untuk aplikasi kategori Finance ya? Nah hari ini saya menemukan sebuah aplikasi pengelola keuangan sederhana untuk perangkat iPhone bernama Spender. Kabar baik untuk kamu, aplikasi ini juga sedang dibandrol gratis selama masa promonya. Yuk cek apa saja hal menarik dari Spender:

Sederhana dan Mudah Digunakan

Menurut saya, kriteria aplikasi pencatat finansial yang baik dapat dilihat dari antarmuka yang mudah dipahami dan fitur kustomisasi untuk kategori catatan kamu. Seperti pada gambar diatas, Spender menggunakan tampilan putih bersih dan membagi fungsinya dalam 4 baris.

Baris paling atas adalah mode catatan – Income untuk pendapatan dan Expense untuk pengeluaran. Baris berikutnya adalah kategori catatan yang kamu buat, mulai dari makanan, belanja, transportasi, sewa, hadiah dan berbagai hal lainnya. Lanjut ke baris ketiga yaitu papan angka virtual. Hurufnya tampak besar dan jelas, namun tidak menggunakan kotak antar barisnya – jangan sampai salah tekan ya.

Lantas apa yang ada di baris paling bawah? Bagian ini bersifat dinamis, kamu akan mendapatkan ikon grafik dan balon teks (isi dengan detail catatan) bila sudah menginput angka dari bagian atas. Jika belum, baris tersebut akan menunjukkan total catatan pengeluaran atau pemasukan yang sudah kamu catat.

Sering lupa mencatata pada hari yang telah lalu? Tenang saja, atur tanggal yang ada di bagian balon teks dengan waktu yang kamu mau! Dengan begitu catatan akan tetap akurat, walaupun kamu input beberapa hari dari tanggal pengeluaran.

Detail Catatan yang Rapi

Tekan ikon grafik yang ada di bagian bawah mode mencatat tadi untuk masuk ke bagian detail catatan. Tampilan kamu akan beruba sesuai gambar di atas dengan setiap kotak yang melambangkan mode catatan dan setiap kategori yang sudah mendapatkan pos pengeluaran atau pemasukan. Masuk ke salah satu catatan tadi untuk melihat list yang lebih detail atau mengedinya bila ada tambahan informasi.

Masih di jendela tampilan detail catatan umum, kamu bisa melakukan swipe di baris paling atas. Fungsinya untuk melihat sisa uang bulan ini, sisa uang total atau membuat batasan pengeluaran.

Atur Batasan Pengeluaran!

Nah ini fitur yang menarik, kamu bisa membatasai pengeluaran kamu dalam setiap kategori yang sudah diatur. Caranya sangat mudah, di bagian detail grafik, swipe ke arah kiri 2x untuk masuk ke mode Set Your Budget.

Aktifkan knob Budget dan saatnya memberi batasan untuk setiap kategori yang kamu berikan. Apa yang terjadi jika kamu over budget di kategori tersebut? Tidak ada hal yang heboh, pengguna hanya akan melihat angka minus di bagian pengaturan tadi. Detail catatan di kategori tersebut juga akan terus mencatat dan tampil seperti biasa. Mungkin bagian ini perlu sedikit diperbaiki oleh sang pengembang.

Tertarik Mencoba Spender?

Saya sudah mencoba Spender dan hasilnya cukup memuaskan. Antarmuka yang cantik, fitur kategori yang bisa diubah dan mode batasa pengeluaran menjadi catatan menarik untuk Spender.

Sayangnya aplikasi ini tidak memberikan detail catatan berupa jenis mata uang, dukungan untuk sinkronisasi antar perangkat dan peringatan over budget yang lebih jelas. Semoga sang pengembang dapat segera memberikan perbaikan di 3 hal tersebut.

Segera unduh Spender dan selamat mencatat!

Download Spender - Money Management ร‚ยท Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest