Follow Us

IDC: Apple Raih Gelar Vendor Smartphone Terbesar Kedua di Tiongkok

Andri Alfansyah - Rabu, 18 Februari 2015 | 10:42
IDC: Apple  Raih Gelar Vendor Smartphone Terbesar Kedua di Tiongkok

Selain meraih kesuksesan dalam hal penjualan iPhone pada kuartal terakhir 2014, Apple juga berhasil melambungkan pangsa pasarnya di Tiongkok sebagai vendor smartphone terbesar kedua setelah Xiaomi. Raihan Apple ini berdasarkan data terbaru dari IDC.

Dalam laporan IDC, Apple meraih pangsa pasar sebesar 12,3 persen yang naik 5 persen dari kuartal ketiga di tahun 2013. Sementara Xioami tetap mendominasi dengan pangsa pasar sebesar 13,7 persen. Hasilnya yang diperoleh vendor smartphone asal Tiongkok itu turun sebesar 1,1 persen dari kuartal sebelumnya.

Walau harus puas berada di posisi kedua, Apple berhasil melampaui pencapaian pesaing terbesarnya, Samsung, pada periode yang sama. Pangsa pasar Samsung anjlok sebesar 3,1 persen menjadi 7,9 persen atau mengalami penurunan tajam sebesar 49 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 18,8 persen. Samsung kini harus puas di posisi kelima setelah Huawei dan Lenovo.


Baca juga:


IDC juga mencatat jumlah penjualan total smartphone tahun 2014 di Tiongkok mengalami kenaikan sebesar 19 persen, yaitu mencapai 420,7 juta unit. Sementara itu di kuartal keempat 2014, jumlah penjualan smartphone naik sebesar 2 persen menjadi 107,5 juta unit.

Pangsa pasar Apple yang meningkat di Tiongkok tidak lepas dari suksesnya peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Walau tertinggal sedikit dari Xiaomi, perolehan Apple cukup mengesankan dan mendekati perolehan vendor-vendor asal Tiongkok dan juga Samsung.

[source site_name = “IDC” site_url = “http://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prHK25437515”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest