Follow Us

Melawat ke Tiongkok, Tim Cook Bicara Lingkungan, Apple Pay, dan Xiaomi

Andri Alfansyah - Selasa, 12 Mei 2015 | 15:06
Melawat ke Tiongkok, Tim Cook Bicara Lingkungan, Apple Pay, dan Xiaomi

CEO Apple Tim Cook saat ini tengah menjadi sorotan media besar di Tiongkok menyusul lawatannya ke sana pada awal minggu ini. Selain membuka akun resmi di jejaring sosial Weibo, bos Apple itu juga membicarakan banyak hal menarik terkait rencana Apple ke depannya di negeri Tirai Bambu itu.

Seperti dilansir iCross China (via 9to5Mac) dari wawancaranya bersama Xinhua, Tim Cook mengatakan bahwa Apple akan memperluas cakupan layanan-layanannya seperti Apple Pay dan inisiatif pelestarian lingkungan di Tiongkok.

Tim Cook menyatakan bahwa isu lingkungan sangat penting. Untuk itu Apple berencana akan menggunakan energi terbarukan di semua fasilitas kantor dan pabriknya di Tiongkok. Selain itu, mereka juga berinisiasi untuk melindungi hutan di Tiongkok.

“The environmental issue is very important in China. We don’t advocate, that is not our responsibility. By the same token, we focus on the manufacturing of the product, not just the final assembling, but all the way back to the raw materials. That’s the only way Apple can make an enormous impact on the environment.”

Keinginan Apple untuk memboyong Apple Pay ke Tiongkok bukan rahasia lagi. Tim Cook mengkonfirmasi sistem pembayaran Apple itu segera hadir di Tiongkok. Apalagi Apple telah mulai mengadakan kerjasama dengan Alibaba dan perusahaan keuangan terkait untuk menghadirkannya.

“We very much want to get Apple Pay in China,” he said. Apple has been negotiating with the banks and Jack Ma Yun from Alibaba, a China-based B2B platform provider, which would give a boost to a powerful third party payment provider. Alibaba was listed on NASDAQ last year.


Baca juga:


Hal yang menarik dalam wawancaranya dengan media Tiongkok adalah Tim Cook sempat menyinggung soal Xiaomi yang merupakan pemain besar di ranah smartphone di Tiongkok. Tim Cook menyatakan sangat gembira akhirnya Apple berhasil menjadi produsen smartphone terbesar nomor wahid di kampung halaman Xiaomi.

Dalam wawancara itu, Tim Cook juga berbicara hal lainnya, seperti komentarnya soal Apple Watch yang disebutnya merupakan produk dengan kategori baru yang sempurna. Selanjutnya adalah rencana Apple untuk membangun hingga 40 Apple Store dalam dua tahun mendatang di Tiongkok serta harapannya supaya semua masyarakat memiliki iPhone.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2015/05/11/apple-china-pay-retail/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest