Follow Us

[Tips] Merawat & Melindungi Kabel Data iPhone ala MakeMac

Bagus Hernawan - Jumat, 29 Mei 2015 | 17:28
[Tips] Merawat & Melindungi Kabel Data iPhone ala MakeMac

Banyak pengguna perangkat iOS sering kesal dengan kabel data yang cepat rusak atau sobek dan membuat kamu harus merogoh dompet untuk membeli yang baru. Nah sebelum hal tersebut terjadi kepada kamu, yuk simak beberapa tips berikut untuk mencegahnya!

Gulung Dengan Sudut Maksimal 60 Derajat

Ya, jangan gulung kabel iPad atau iPhone hingga berbentuk elips seperti menyimpan tali tambang. Gunakan sudut sekitar 45 – 60 derajat dengan hasil akhir segitiga atau malah melingkar saja. Hal ini membuat elemen di dalam kabel tidak rentan putus karena sudut yang terlalu tajam. Jika kabel kamu masih baru keluar dari kardusnya, sangat mudah kok untuk membuat bentuk segititan tersebut.

Gunakan Dengan Penuh “Perasaan”

Ketika ingin mencabutnya dari USB Power atau komputer, tarik kabel dengan memegang bagian kotak USB, bukan seutas kabelnya secara paksa. Serta jangan gunakan untuk mengisi daya dalam keadaan tertarik di bagian ujungnya ya.

Selipkan Per Pulpen Untuk Mencegah Sudut Mati

Selipkan per dari pulpen dengan ukuran kecil ke bagian masing-masing ujung kabel data kamu. Hal ini dapat mencegah terjadinya sudut mati seperti gambar di pembahasan sebelumnya dan membuat kabel kamu lebih awet.

Metode ini sebetulnya sudah lama digunakan didunia per-kabelan. Bahkan produk headphone Audio Technica M50 sudah menggunakan hal yang sama di ujung kabel bagian jack 3.5 mm sebagai bawaan fitur.

Pasang Perlindungan Tambahan Warna-Warni

Nah untuk para Fangirls iOS yang suka warna-warni seru, sekarang ada kok cable protector yang dapat melindungi dan menghiasi kabel dengan penuh warna. Bentuknya mirip kabel telpon berulir dan kamu tinggal memasangkannya di kabel kesayangan. Pilih saja warna favorit yang disuka dan nilai plusnya aksesoris ini dapat dilepas pasang dengan mudah – tanpa lem atau perekat yang mengganggu.

Tips Terakhir, Beli Kabel Cadangan

Dari pengalaman saya sih kabel data iPhone menjadi cepat rusak karena kamu selalu membawanya kemanapun dan asal gulung karena tergesa-gesa, iya kan? Nah solusi mudahnya sih siapkan kabel ekstra. Satu untuk tetap di rumah ketika mengisi daya baterai di malam hari dan satu lagi untuk dalam perjalanan atau kamu tinggal di kantor.

Jika sedang mencari aksesoris Lightning Cable pihak ketiga yang berkualitas, kamu dapat membeli produk yang ada di MakeMac Market berikut ini:

Akhir Kata

Selama ini sih saya sudah menggunakan tips menyelipkan per dan kabel pelindung warna-warni. Bagaimana dengan kamu, berminat mencoba tips di atas? Atau malah punya tips tambahan yang dapat semakin melengkapi artikel ini? Bagikan di kolom komentar yah!


Review Zikko Premium Reversible Lightning Cable: Kuat, Aman dan Konektor USB Ekstra Mudah


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest