Follow Us

Prediksi Kehadiran iPhone 6s dan iPhone 6c di WWDC 2015

Adham Somantrie - Kamis, 04 Juni 2015 | 17:48
Prediksi Kehadiran iPhone 6s dan iPhone 6c di WWDC 2015

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, saya meyakini bahwa tahun ini Apple tidak akan meluncurkan iPhone 7, melainkan iPhone 6s. Walaupun prediksi saya bisa jadi salah, namun saya punya alasan yang cukup untuk meyakini prediksi ini.

Mungkin di ajang WWDC 2015 minggu depan, iPhone 6s akan diperkenalkan oleh Apple dan tak lama setelah itu bisa dibeli. Untuk Indonesia, sepertinya akan butuh tambahan waktu lagi. Lalu kira-kira bagaimana iPhone 6s nantinya?

Bentuk Identik dengan iPhone 6

Merujuk ke iPhone 3GS, iPhone 4s, dan iPhone 5s. Hampir dapat dipastikan kalau nanti iPhone 6s akan memiliki bentuk dan dimensi fisik yang identik dengan iPhone 6. Begitu pula halnya dengan iPhone 6s Plus. Lalu secara fisik apa yang akan jadi pembedanya?

Prediksi Hal Baru di iPhone 6s

Warna baru! Dalam kasus iPhone 5 dan iPhone 5s, Apple membedakan kedua generasi ini dengan warnanya. iPhone 5s menawarkan opsi warna baru, emas. Selain itu warna “hitam” pun berbeda. iPhone 5 mengusung hitam penuh bertajuk “slate”, sementara iPhone 5s mengusung hitam-kelabu bertajuk “space grey”.

Lalu warna baru apa yang kira-kira akan ditawarkan pada iPhone 6s? Akan menarik jika warna yang ditawarkan lebih modis dan fashionable seperti rosegold dan merah anggur. Ada juga kemungkinan lain yang menarik, jika kita melihat teknologi dari Apple Watch. Misalnya casing berbahan stainless steel. Saya pribadi berharap Apple membenahi struktur rangka misalnya dengan menggunakan serat karbon atau magnesium alloy untuk antisipasi iPhone melengkung lagi.

Mesin baru? Sudah bisa diprediksi akan menggunakan prosesor A9 dan motion coprocessor M9. Ini semudah pelajaran berhitung. Dan dilengkapi pula dengan iOS 9. Untuk kapasitas sepertinya masih belum melewati angka 128 GB di varian tertinggi. Sepertinya kapasitas 256 GB belum terlalu dibutuhkan saat ini. Namun, bisa jadi varian dasar akan mengusung 32 GB, tak lagi sekedar 16 GB yang sempit.

Untuk kamera, Apple mengusung 8 MP sejak iPhone 4s hingga iPhone 6. Apakah Apple akan tetap bertahan di angka 8 MP? Atau benarkan rumor yang menyatakan Apple akan naik kelas ke 12 MP? Saya masih percaya di angka 8 MP. Namun, mudah-mudahan prediksi saya salah. Bisa jadi juga, kedua iPhone 6s dan 6s Plus mengusung optical image stabilization.


Baca Juga:

Editor : Adham Somantrie

Latest