Follow Us

Tony Fadell: Steve Jobs Sangat Teliti pada Hal yang Tak Dilihat Orang

Andri Alfansyah - Jumat, 05 Juni 2015 | 18:40
Tony Fadell: Steve Jobs Sangat Teliti pada Hal yang Tak Dilihat Orang

Bapak iPod sekaligus pembesut Nest Thermostat, Tony Fadell baru-baru ini menjadi pembicara di TED Talk. Dalam acara tersebut, ia berbicara soal The first secret of design is … noticing yang isinya terfokus pada masalah yang tak bisa terlihat kebanyakan orang. Ia pun sempat menyebut almarhum Steve Jobs sebagai orang yang ahli dalam hal memperhatikan hal-hal yang kecil dan detil.

Tony Fadell yang pernah bekerja untuk Apple mengatakan bahwa Steve Jobs adalah salah satu orang yang bukan hanya mampu melihat masalah yang tak terlihat, tapi juga memecahkannya. Steve Jobs disebutnya memiliki hasrat untuk melihat masalah melalui mata pelanggan.

Steve Jobs sangat menekankan kepada para pegawainya untuk tetap fokus pada detil kecil setiap produk Apple, Tony Fadell melanjutkan. Istilah ini disebut Steve Jobs “tetaplah menjadi seorang pemula” untuk memecahkan masalah dengan melihat hal-hal sedetil-detilnya dalam suatu produk supaya siap digunakan para pelanggannya.

During my years at Apple, Steve Jobs challenged us to come into work every day, to see our products through the eyes of the customer, the new customer, the one that has fears and possible frustrations and hopeful exhilaration that their new technology product could work straightaway for them. He called it staying beginners, and wanted to make sure that we focused on those tiny little details to make them faster, easier and seamless for the new customers.

Lalu, Tony Fadell mencontohkan ketika sebuah gadget baru meluncur, ia sebagai seorang penggila gadget akan segera membelinya di toko dan membawanya pulang ke rumah. Saat ia membuka kotaknya, ia merasa tak percaya dengan stiker yang berbunyi “Charge before use”. Mau tak mau, Tony Fadell dengan kesal harus menunggu baterai gadget tersebut terisi penuh untuk siap digunakannya.

Berbeda dengan Steve Jobs, Tony Fadell mengatakan sang pendiri Apple itu tak akan pernah melakukan hal tersebut dalam produk-produknya. Steve Job hanya ingin membuat produk yang berkualitas tinggi, mudah diuji, dan siap digunakan pelanggan.

Dalam video, Tony Fadell menyebut Steve Jobs pada menit 6:30. Ini video selengkapnya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Tony Fadell sendiri adalah mantan pegawai Apple yang pernah menciptakan iPod pada 2006 silam. Selepasnya dari Apple pada 2008, ia kemudian mendirikan perusahaan dengan nama Nest dan melahirkan produk Nest Learning Thermostat. Google akhirnya mengakuisisi Nest pada awal 2014 dan otomatis Tony Fadell menjadi pegawai perusahaan internet raksasa tersebut.

Mantan SVP of iPod itu pun dilaporkan ingin mencoba Apple Watch begitu Apple meluncurkannya pada akhir April lalu. Namun ia harus menunggu giliran lebih lama karena Apple Watch yang ia pesan saat itu belum dikirimkan ke rumahnya.

[source site_name = “TED” site_url = “http://www.ted.com/talks/tony_fadell_the_first_secret_of_design_is_noticing?language=en”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest