Follow Us

12 Game Simulasi Pilihan Penulis MakeMac (Part 1)

Alexius Aditya - Selasa, 27 Oktober 2015 | 17:15
12 Game Simulasi Pilihan Penulis MakeMac (Part 1)

Jenuh saat melakukan aktifitas harian memang tidak dapat dihindari. Tetapi jangan biarkan rasa jenuh tersebut menumpuk, sehingga menyebabkan kalian menjadi malas untuk melakukan rutinitas harian. Salah satu cara untuk melepas jenuh adalah dengan berlibur atau mengisi waktu dengan mencoba hal baru.

Sayangnya, tidak mudah untuk mencari waktu yang tepat untuk berlibur. Oleh karena itu ada baiknya kalian mencoba alternatif kedua, yaitu mencoba hal baru dengan bermain game simulasi. Kabar baiknya, tim MakeMac sudah membuat list panjang tentang game simulasi terbaik, yang dapat kalian mainkan di iPhone, iPad, atau iPod kalian.

Game simulasi adalah sebuah genre dari video game, dimana, desain dari game tersebut dibuat menyerupai situasi dan kondisi yang sebenarnya. Semua gambar dan kegiatan di dalam game dengan genre simulasi ini memang sengaja dibuat mencontek desain aslinya, termasuk berbagai aktifitas yang terjadi di dunia nyata. Biasanya, game dengan genre simulasi tidak memiliki tujuan khusus ataupun jalan cerita. Pemain dapat bermain terus tanpa takut game tersebut akan selesai.

Sebagai catatan saja, list game dibawah dinilai berdasarkan popularitas dan fitur yang terdapat pada game itu sendiri, dan dibagi menjadi beberapa subgenre dari game simulasi. Berikut adalah dua belas game simulasi yang wajib kalian mainkan!

SimCity BuildIt

Siapa sih yang tidak mengenal game SimCity? SimCity adalah game simulasi tentang konstruksi dan manajemen pembangunan kota yang pertama kali diperkenalkan oleh Maxis, yang sekarang adalah salah satu divisi dari tim pengembang raksasa Electronic Arts. Seri game SimCity sendiri sudah dibuat untuk berbagai macam versi termasuk PC, konsol dan untuk tablet.

Walaupun tidak ada fitur multiplayer di dalam SimCity BuildIt, interaksi dengan pemain lain dapat diwujudkan secara tidak langsung dengan adanya fitur jual-beli atau barter yang muncul setelah kalian mencapai level tertentu. Kelengkapan dan gameplay yang diberikan juga lengkap, dapat dibilang sekelas dengan game untuk PC dan konsol. Fiturnya yang banyak dan lengkap menjadikan game ini pantas untuk masuk ke dalam list.

Soal grafis, tidak perlu ditanya lagi, game ini berhasil memanjakan mata pemain dengan detail yang sangat bagus, macam bangunan yang dapat dibangun juga cukup banyak sehingga kota yang dibuat nantinya terlihat berwarna-warni. Suara dari environment kota dibuat sedemikian rupa sehingga menggambarkan kondisi sebenarnya. Selain itu, musik latar khas yang ceria akan selalu menemani pemain mengatur dan membangun kota milikmu sendiri.

Download SimCity BuildIt · Harga: Gratis

TheSims Freeplay

Satu lagi seri game simulasi yang dihadirkan oleh Electronic Arts, yaitu TheSims Freeplay. Game ini menyajikan simulasi kehidupan sehari-hari, termasuk makan, tidur, dan bekerja. Dibuat dengan sedikit berbeda dengan seri The Sims lainnya, di dalam TheSims Freeplay, pemain dapat mengendalikan banyak karakter sekaligus.

Lalu apa yang menarik dari TheSims Freeplay? Aksi yang kalian lakukan di dalam game memakan waktu yang sama seperti di dunia nyata. Ketika sims—karakter manusia dalam game ini dipanggil—harus bekerja selama delapan jam, maka kalian harus menunggu delapan jam di dunia nyata, sampai aktifitas tersebut selesai. Jika salah satu sims tidur, maka kalian dapat bermain dengan sims lainnya. Menarik bukan?

Grafis dan musik latar yang diberikan dipertahankan. Grafisnya digambar dengan detail sehingga satu sims dengan lainnya berbeda-beda. Akan ada hewan yang juga hadir di dalam game ini. Musik latarnya dibuat ceria sehingga pemain tidak dibuat bosan walaupun musik yang diputar tidak banyak berubah.

Download The Sims™ FreePlay · Harga: Gratis

Editor : Alexius Aditya

Latest