Follow Us

Review iRig 2 and iRig HD, Sahabat Setia Gitaris Pengguna Perangkat iOS

Iman Fattah - Rabu, 13 Juli 2016 | 16:19
Review iRig 2 and iRig HD, Sahabat Setia Gitaris Pengguna Perangkat iOS

Komputer dan gadget keluaran Apple adalah tools yang sempurna sebagai “senjata utama” orang kreatif untuk berkarya, seperti desain, film, fotografi dan musik. Dalam bidang musik, perangkat Apple adalah yang sangat umum kita temukan baik di studio profesional, maupun di studio rumahan. Sebagai pemain gitar, saya membutuhkan alat sebagai jembatan dari gitar ke komputer, dari elemen analog (gitar) ke elemen digital (komputer). Sebetulnya, bisa saja gitar dicolok langsung ke komputer melalui headphone input, tetapi tidak disarankan karena kualitas konverter yang kurang bagus, sehingga dibutuhkan sebuah alat tambahan yang namanya external soundcard untuk melakukan konversi suara analog ke digital.

Di kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman menggunakan external soundcard dari IK Multimedia yaitu iRig 2 dan iRig HD. Berikut ini pembahasan lengkap dan pengalaman menggunakan 2 perangkat tersebut barik di komputer Mac atau perangkat iOS.

External Souncard dengan iRig 2 & iRig HD

iRig 2 merupakan seri kedua dari konverter gitar iRig keluaran IK Multimedia yang banyak digunakan oleh para gitaris. Selain iRig 2, IK Multimedia juga mengeluarkan iRig HD yang lebih high-end dengan harga yang tentunya lebih mahal. Kelebihannya adalah iRig HD ditujukan bagi gitaris profesional dengan tipe koneksi Lightning Cable (seperti yang terdapat pada iPhone 5 keatas) dibandingkan iRig 2 yang menggunakan tipe koneksi ⅛” headphone jack. Dengan koneksi Lightning Cable ini, kualitas suara terdengar lebih bersih dan banyak frekuensi yang bisa “ditangkap” dibanding koneksi headphone.

Cara Menggunakan iRig

Cara menggunakan iRig 2 dan iRig HD sebetulnya sangat mudah. Cukup colok iRig 2 dengan kabel yang tersedia ke colokan headphone (Lightning Port untuk iRig HD) lalu colok kabel gitar kita ke iRig tersebut. Dengan fleksibilitas GarageBand, tidak perlu install driver apa pun di Mac atau perangkat iOS kita karena secara otomatis akan terdeteksi. Selain itu, iRig 2 dan iRig HD juga memberikan bundle aplikasi Amplitube Free untuk perangkat iOS, dengan tambahan Amplitube Metal untuk Mac/PC khusus untuk iRig HD.

Pengalaman Menggunakan iRig: Ringkas dan Hasil Suara Jernih

Secara kualitas suara, kedua iRig yang saya coba ini hampir tidak ada bedanya, suara gitar terdengar clean, jernih tanpa ada distorsi sedikit pun. Cocok untuk digunakan di kamar, studio rumahan, studio besar bahkan sampai ke panggung besar. Tentunya dengan kelebihan berupa produk yang mini dan tidak makan banyak tempat untuk pendukung kegiatan bermusik kamu.

Kelebihan iRig 2 dan iRig HD selain menjaga kualitas suara, kita juga mendapatkan simulasi ampli dan efek untuk membentuk suara kita seperti berada di dalam studio besar dengan alat yang lengkap, tetapi cukup hanya dengan perangkat iOS kita. Jadi untuk kamu yang sedang belajar gitar dan berniat mencoba-coba efek suara dan amplifier tanpa menguras biaya, iRig 2 dan iRig HD ini adalah alat yang tepat. Bagaimana, berminat mencoba produk iRig sebagai teman bermusik kamu tanpa repot dan tentunya sambil memaksimalkan penggunaan perangkat iOS?

Download GarageBand · Harga: Gratis

Download AmpliTube · Harga: 299000


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Iman Fattah

Latest