Follow Us

Petinggi Apple Ini Kuak Fakta Mengejutkan Soal iPad Pro & iPhone Pertama

Andri Alfansyah - Jumat, 19 Februari 2016 | 09:43
Petinggi Apple Ini Kuak Fakta Mengejutkan Soal iPad Pro & iPhone Pertama

iPad Pro tak salah kiranya jika disebut sebagai perangkat tablet paling cepat dan mumpuni saat ini yang pernah Apple ciptakan. Namun siapa yang menyangka bahwa di balik pengembangan awalnya, tersimpan suatu fakta mengejutkan yang tidak pernah diketahui banyak orang.

Sebagaimana dikutip Bloomberg, Senior Vice President of Hardware Technologies Johny Srouji mengungkapkan bahwa Apple pada mulanya berencana meluncurkan iPad Pro dengan chip prosesor A8X seperti di iPad Air 2. Hal itu berarti bahwa performanya berada jauh dibandingkan prosesor A9 di iPhone 6s.

Namun karena pengumuman iPad Pro ditunda hingga bulan September, Srouji memerintahkan timnya yang terdiri atas 50 engineer untuk mengganti chip prosesor A8X dengan seri A9X buat tablet superjumbo tersebut. Mereka pun berhasil melakukannya dalam waktu 6 bulan.

The original plan was to introduce the iPad Pro with Apple’s tablet chip, the A8X, the same processor that powered the iPad Air 2, introduced in 2014. But delaying until fall meant that the Pro would make its debut alongside the iPhone 6s, which was going to use a newer, faster phone chip called the A9 […]

The iPad Pro would look feeble next to the iPhone 6s. So Srouji put his engineers on a crash program to move up the rollout of a new tablet processor, the A9X, by half a year.


Baca juga:


Fakta mengejutkan lainnya adalah mengenai komponen mesin yang ada di iPhone generasi awal yang lambat, tanpa kamera, mendukung jaringan 2G saja, dan daya tahan baterai yang buruk. Johny Srouji mengatakan iPhone generasi pertama itu mulanya bakal menggunakan chip prosesor buatan Samsung buat pemutar DVD.


Baca juga:


Karena almarhum Steve Jobs ketika itu tidak puas dengan lambatnya performa iPhone generasi awal, dia akhirnya memutuskan bahwa Apple harus membuat chip prosesornya sendiri yang sama sekali berbeda dan lebih cepat.

Steve came to the conclusion that the only way for Apple to really differentiate and deliver something truly unique and truly great, you have to own your own silicon. You have to control and own it.

Buat yang ingin mengetahui fakta menarik tentang iPad Pro dan iPhone generasi pertama yang diungkapkan Johny Srouji lebih rinci dan mendalam, kamu bisa membacanya dengan mengunjungi tautan ini.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “http://www.bloomberg.com/features/2016-johny-srouji-apple-chief-chipmaker/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest