Follow Us

Masalah Gagal Aktivasi iMessage dan Facetime di Provider XL Axiata

Bagus Hernawan - Kamis, 07 April 2016 | 15:06
Masalah Gagal Aktivasi iMessage dan Facetime di Provider XL Axiata

Sudah beberapa minggu akun Twitter @MakeMac mendapatkan pertanyaan seputar aktivasi iMessage yang gagal terus-menerus dari beragam pengguna. Beberapa saran sering saya berikan seperti mengecek pengaturan atau Reset Network Settings – tapi masih banyak yang tetap gagal. Nah kebanyakan yang mengalami kegagala aktivasi iMessage ini adalah pengguna provider XL Axiata.

Setelah berdiskusi dengan beberapa Sahabat MakeMac lain, masalah ini ternyata sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Salah satunya adalah @de_lyo yang mendapatkan saran dari pihak XL Axiata untuk aktivasi iMessage dan Facetime via Apple ID saja.

#info buat yang gagal ngaktifin iMessage & FaceTime di kartu XL mending pake Apple ID aja. ✌️Cc: @makemac pic.twitter.com/P5tT5CGAv1

— Delyo Nasfiri (@de_lyo) March 15, 2016

Apakah kamu tidak mengalami kendalai ini? Ya, beberapa pengguna memang masih bisa menikmati aktivasi iMessage via nomer handphone. Karena kebanyakan masalah ini terjadi ketika pengguna mengganti sim card – dari provider XL Axiata ke provider lain dan kembali menggunakan sim card tersebut. Misalkan saat bepergian keluar negeri dan kembali ke Indonesia.

Tampilan di bagian Settings – Messages – Send & Receive biasanya masih memasang nomer seluler dari negara lain – padahal kamu sudah menggunakan sim card XL Axiata. Ya, ini karena proses aktivasi sim card yang ada di dalam iPhone kamu terus menerus gagal.

Hal ini bisa menjadi masalah jika kamu biasa menggunakan iMessage dan Facetime kepada teman atau keluarga dengan identitas utama berupa nomer ponsel, bukan Apple ID atau email lain yang dicatatkan.

Apa Penyebab Masalah ini?

Kabarnya masalah ini bukan hanya seputar bug system atau error jaringan yang ada di XL terhadap server Apple – untuk aktivasi iMessage. Namun ada kemungkinan pemutusan kontrak kerjasama dari provider tersebut kepada Apple. Catatan tersebut ditulis oleh Aulia Masna dalam laman Medium:

A contract that may have expired and not renewed in 2015 for some reason. As a result, service activation has been suspended at least as far back as November 2015, although there is no issue with using either of the service if they’ve been activated previously or using email addresses.

Dari pihak XL Axiata sendiri tidak ada konfirmasi apapun mengenai hal ini. Akun @XLCare dan @XL123 juga hanya meminta pengguna untuk mengkatifkan iMessage lewat email, tanpa keterangan kapan fitur ini dapat kembali diaktifkan lewat nomor ponsel.

Apakah ada pembaca yang mengalami masalah ini atau punya informasi tambahan? Bagikan di kolom komentar atau tweet ke @MakeMac ya!

[source site_name = “Medium” site_url = “https://medium.com/@aulia/xl-axiata-no-longer-supports-imessage-and-facetime-activation-using-phone-numbers-ad5c87516340#.goa12p834”][/source]

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Source : MakeMac.com

Editor : Bagus Hernawan

Latest