Follow Us

Clippo, Clipboard Manager Minimalis & Mendukung 3D Touch

Bagus Hernawan - Kamis, 14 April 2016 | 13:19
Clippo, Clipboard Manager Minimalis & Mendukung 3D Touch

Clipboard manager, layanan sejenis ini semakin booming semenjak Apple merilis iOS 9 dan fitu iCloud yang kian cerdas. Nah salah satu aplikasi dengan teman ini yang mampir ke meja MakeMac hari ini adalah Clippo. Penasaran? Yuk langsung simak reviewnya!

Apa Itu Clipboard Manager?

Untuk kamu yang belum tahu, clipboard manager adalah layanan untuk menyimpan daftar dokumen yang ada di clipboard – memori sementara untuk menyimpan hal yang kamu salin (copy) sebelum disalin. Nah aslinya sih, perangkat iOS hanya dapat menyimpan sebuah clipboard dan otomatis tergantikan dengan sesi berikutnya.

Karena hal ini, aplikasi clipboard manager wajib hukumnya untuk kamu instal. Terutama pengguna yang banyak memerlukan teks yang sama dalam beberapa kesempatan. Misalkan saya untuk menjawab pertanyaan di Twitter MakeMac dengan tautan artikel di makemac.com yang diarsipkan lewat clipboard manager. Bisa juga untuk kamu yang harus mengetik nama orang yang cukup panjang atau hal lainnya.

Mengenal Clippo, Tampilan Bersih dan Mendukung 3D Touch

Cara menggunakan Clippo sangatlah mudah. Kamu tinggal instal aplikasinya di perangkat iOS dan masuk ke bagian pengaturan, aktifkan mode Automatically copy clipboard on open.

Setelah itu coba salin beberapa teks atau gambar, misalkan dari aplikasi sosial media seperti Facebook atau Twitter. Silahkan kembali ke Clippo dan akes bagian Clipboar manager ya. Coba cek, semua teks atau tautan tadi sudah tersedia di list ini kan? Ingin menghapus beberapa clipboard yang itdak dibutuhkan? Mudah saja, tinggal swipe ke kiri dan pilih Delete atau Copy untuk menempelkan dokumen ini di tempat lain.

Sebagai catatan tambahan, Clippo juga mendukung 3D Touch ya untuk kamu pengguna iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Fitur ini dapat dinikmati dari ikon Clippo di home screen atau list Clipboard manager untuk melihat informasi lengkap dari sebuah salinan clipboard.

Fungsi menarik lainnya dari Clippo adalah mendapatkan tautan, teks atau gambar yang kamu salin dari perangkat iOS atau OS X ke dalam aplikasi ini. Contohnya kamu ingin mengkases sebuah tautan website lewat iPhone – yang tadinya berasal dari komputer Mac. Tinggal salin ke Clippo, nyalakan iCloud Sync dan dapatkan tautan ini dengan mudah dan cepat ya!

Hal yang perlu kamu perhatikan di Clippo adalah aplikasi ini tidak mendukung keamanan Passcode Lock atau Touch ID ya. Jadi saran saya jangan pernah menyalin dan arsipkan password atau data pribadi penting kamu ya di clipboard manager – untuk mencegah teman atau orang lain yang meminjam perangkat kamu dapat melihatnya.


Baca Juga:

Editor : Bagus Hernawan

Latest