Follow Us

Jumlah Pendapatan App Store Jauh Lampaui Google Play Store

Andri Alfansyah - Rabu, 20 April 2016 | 14:08
Jumlah Pendapatan App Store Jauh Lampaui Google Play Store

Toko aplikasi besar milik Apple, App Store kembali meraih gelar sebagai toko aplikasi dengan jumlah pendapatan tertinggi di kuartal pertama 2016 mengalahkan toko aplikasi Android Google Play Store.

Berdasarkan data dari Index Market kuartal pertama 2016 yang dirilis firma analitik App Annie, App Store meraup pendapatan mencapai lebih dari 90 persen dibanding toko aplikasi milik Google yang hanya mendapatkan sisanya.

Secara rinci, App Annie menyebutkan bahwa App Store regional Tiongkok menyumbang pendapatan tertinggi dibandingkan dengan App Store di regional lainnya di dunia.

Pendapatan besar App Store Tiongkok bahkan berhasil melampaui pendapatan App Store Jepang–yang pernah merajai puncak peringkat pendapatan App Store terbesar beberapa tahun ke belakang–dan App Store AS.

Dalam laporan App Annie, App Store Tiongkok berhasil meraup pendapatan hingga 2,2x kali lipat dibanding tahun lalu, berada di atas App Store AS dan App Store Jepang yang peringkat turun ke posisi tiga.

Jumlah unduhan games yang sangat besar menjadi faktor pendorong utama pendapatan App Store Tiongkok melambung tinggi hingga berada di puncak peringkat.


Baca juga:


Bukan hanya games, aplikasi hiburan dan musik macam, Tencent Video dan QQ Music, juga disebutkan sangat populer di daratan Negeri Tembok besar tersebut.

Namun begitu, aplikasi eSport dengan integrasi antar aplikasi diprediksikan bakal menjadi sumber pemasukan App Store Tiongkok berikutnya di 2016 karena peluangnya yang terbuka lebar.

Sedangkan sejumlah aplikasi hiburan film dan musik yang populer di App Store AS adalah Netflix dan Spotify yang disebutkan banyak diunduh pengguna di Negeri Paman Sam itu.

Meski App Store meraup pendapatan terbesar, Google Play Store tetap menjadi toko aplikasi dengan jumlah unduhan paling besar di negara-negara berkembang seperti Vietnam, Argentina, dan Mesir.

[source site_name = “App Annie” site_url = “http://blog.appannie.com/app-annie-index-market-q1-2016/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest