Follow Us

Seperti Apple, Intel Siap Tendang Headphone Jack Demi USB Type-C

Andri Alfansyah - Kamis, 28 April 2016 | 14:39
Seperti Apple, Intel Siap Tendang Headphone Jack Demi USB Type-C

Rencana Apple untuk “membunuh” fitur colokan headphone jack di iPhone generasi mendatang ternyata menggugah perusahaan teknologi lain untuk melakukan hal serupa.

Perusahaan yang dimaksud adalah Intel. Sebagaimana dilansir Anandtech, perusahaan pembuat chip besar tersebut menganjurkan untuk segera menggantikan colokan jack 3,5mm dengan USB Type-C.

Intel proposes to replace things like 3.5 mm mini-jack with USB Type-C which will help to add features to headsets and will simplify connections of multi-channel audio equipment to various gadgets.

Intel beralasan karena USB-Type C lebih modern dan menguntungkan dibanding colokan audio yang sudah berumur lebih dari satu abad tersebut dan digunakan di banyak perangkat elektronik. Di antaranya bisa ditambahkannya fitur yang lebih pintar ke dalam headphone di masa depan via USB Type-C.

Dengan USB Type-C, proses pengiriman data diklaim bisa berjalan dengan lebih baik. Berbeda dengan koneksi menggunakan kabel analog yang membuat prosesnya bisa tidak praktis.

Contohnya, fitur fitness tracking bisa ditambahkan ke dalam perangkat headphone untuk mencatat data kesehatan seperti suhu di dalam kuping; fitur pencarian perangkat secara otomatis, dan juga tambahan software buat mengupdate headphone.

Keuntungan lain dengan menggunakan USB Type-C adalah perangkat smartphone bisa diirancang setipis mungkin. Hal itu dimungkinkan karena bentuknya tidak memakan ruang lebih besar, tidak seperti jack.

Meski begitu, Intel menyebutkan transisi ke arah tersebut tidak bakal mudah. Alasannya harga perangkat headphone bakal lebih mahal karena pabrikan harus menyertakan amplifier dan DAC.


Baca juga:


Teknologi USB Type-C Digital Audio Class 2.0 dari Intel dilaporkan saat ini tengah dalam tahap penyelesaian. Menurut rencana mereka bakal meluncurkan spesifikasinya akhir kuartal kedua tahun ini.

Apple memang sudah mengimplementasikan USB Type-C di jajaran MacBook 12 inci tapi masih mengusung jack 3,5mm. Nah tidak menutup kemungkinan mereka bakal meluncurkan MacBook generasi baru dengan USB Type-C yang mendukung sinyal audio.

iPhone 7 sendiri kabarnya bakal menjadi iPhone pertama yang tidak dilengkapi headphone jack. Namun bukan menggunakan USB Type-C, melainkan Apple bakal menggantikanya dengan kabel Lightning.

[source site_name = “Anandtech” site_url = “http://www.anandtech.com/show/10273/intel-proposes-to-use-usb-typec-cables-to-connect-headsets-to-mobile-devices”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest