Follow Us

Paste 2: Clipboard Manager dengan Visual Lengkap, Aman dan Pinboard

Bagus Hernawan - Selasa, 28 Juni 2016 | 15:31
Paste 2: Clipboard Manager dengan Visual Lengkap, Aman dan Pinboard

Tim MakeMac sudah pernah membagikan review dari beberapa aplikasi clipboard manager terbaik untuk perangkat iOS dan Mac. Nah hari ini datang lagi aplikasi yang dapat membantu kamu mengelola dokumen atau teks tersimpan di clipboard. Menggunakan nama Paste versi 2 dari Dmitry Obukhov, pengguna dapat mengelola daftar teks atau dokumen di fitur clipboard secara leluasa dan merapikannya dengan Clipboard.

Tim MakeMac sudah mencoba Paste 2 dan ingin berbagi review kepada kamu pembaca setia MakeMac. Yuk simak langsung!

Mengenal Paste 2

Seperti penjelasan di awal, Paste 2 adalah aplikasi clipboard manager untuk menyimpan daftar dokumen, teks atau foto yang kamu salin agar tidak hilang atau tertindih dokumen lain saat menggunakan fitur salin (copy) untuk berikutnya. Hal ini tentunya dapat memudahkan kamu yang sering berinteraksi dengan salinan teks berulang atau beberapa dokumen. Misalkan untuk menulis skripsi atau makalah – mode salin untuk nama yang panjang dan cukup memakan waktu jika harus diketik ulang.

Tampilan yang diusung Paste 2 juga terbilang unik dan menarik. Yaitu jendela tampilan yang keluar dari bagian bawah layar dan menutup setengah layar untuk melihat daftar clipboard. Mode ini dipanggil menggunakan shortcut yang ditentukan di awal penggunaan Paste 2. Saya sendiri lebih nyaman dengan kombinasi tombol shift, option dan V untuk memanggil fitur ini.

Lalu, bagaimana cara menyalin teks atau dokumen kamu agar masuk di Paste 2? Tidak ada cara khusus, kamu tinggal salin seperti biasa saja lewat cmd + C. Setelah itu panggil Paste 2 dan intip di bagian paling kiri bawah, pastinya catatan yang kamu salin sudah tampil. Tinggal aktifkan aplikasi sebagai tujuan untuk menempel dokumen atau teks tadi lalu tekan klik kanan dan pilih paste. Bisa juga dengan cara drag and drop alias tekan dan tahan lalu tarik ke jendela aplikasi tujuan. Mudah dan cepat kan!

Kelola Clipboard dengan Pinboard

Secara sederhana, Pinboard di Paste 2 ini mirip folder di komputer namun dengan isiian berupa dokumen yang tersimpan di clipboard. Misalkan saya ingin membuat Pinboard berisi daftar salinan URL dari artikel penting di MakeMac untuk cara cepat menjawab mentin di @MakeMac.

Langkahnya adalah salin URL di Safari lalu akses Paste 2. Di bagian kolom clipboard tersebut tinggal klik kanan dan pilih Pin To lalu masukkan ke daftar Pinboard yang sudah kamu buat. Cara yang lebih singkat adalah gunakan metode drag and drop saja dari sebuah Pinboard ke bagian lainnya. Mudah dan cepat kan!


Baca Juga:


Lengkapi dengan Paste 2 Helper

Nah ini dia salah satu fitur seru dari Paste 2! Pengguna dapat memperoleh pengaturan tambahan dan juga keamanan lebih baik dengan menginstal Paste 2 Helper. Plugin tambahan ini bersifat gratis dan memberikan beragam pengaturan seperti mode klik 2x di daftar clipboard sebagai langkah cepat untuk menempel dokumen.

Editor : Bagus Hernawan

Latest