Follow Us

Apple Dilaporkan ke Pengadilan California Terkait Layanan AppleCare+

Andri Alfansyah - Kamis, 21 Juli 2016 | 11:59
Apple Dilaporkan ke Pengadilan California Terkait Layanan AppleCare+

Apple terancam hukuman denda milyaran dolar menyusul mereka bakal menghadapi tuntutan hukum dari dua orang pengguna terkait kebijakan layanan AppleCare dan AppleCare+ yang mengganti perangkat rusak dengan unit perangkat rekondisi.

Dua orang pengguna tersebut bernama Vicky Maldonado dan Joanne McRight. Mereka melayangkan tuntutan ke Northern California District Court dan mewakili semua pengguna yang berlangganan AppleCare dan AppleCare+ setelah 11 Juli 2011 lalu.

Sebagaimana dikutip Cult of Mac, pihak pengacara dalam dokumen tuntutannya mengatakan bahwa pengertian “perangkat baru” untuk perangkat pengganti tidak merujuk ke suatu perangkat, melainkan ke komponennya saja.

“‘New’ means a Device that has never been utilized or previously sold and consists of all new parts,” the defendant’s lawyers claim in court documents obtained by Cult of Mac. “The word ‘refurbished’ appears only once in the AppleCare+ terms and conditions even though the printed booklet is 33 pages long. The word is not even used to reference a device, but a part.”

Kasus tuntutan ini sendiri bermula ketika Maldonado dan McRight yang membeli perangkat iOS beserta AppleCare+ mendapatkan penggantian unit perangkat baru dari Apple untuk perangkat milik mereka yang rusak. Keduanya merasa dirugikan karena perangkat pengganti dari Apple diketahui merupakan perangkat rekondisi.


Baca juga:


Dalam kasus ini, Apple dituntut telah melanggar undang-undang Consumers Legal Remedies Act. Bukan hanya keliru, layanan AppleCare+ disebutkan malah meminta biaya sebesar &79,99 dari pengguna penggantian untuk perangkat yang rusak secara tidak disengaja.

Maldonado dan McRight mengatakan bahwa perangkat rekondisi yang diberikan Apple sebagai pengganti perangkat yang rusak tidak sama seperti perangkat baru, begitu juga dengan performa dan kehandalannya.

[source site_name = “Cult of Mac” site_url = “http://www.cultofmac.com/438914/apple-faces-class-action-lawsuit-over-applecare-refurbs/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest