Follow Us

Daftar Fitur di iOS 10 yang Tidak Tersedia di iPhone 5 dan iPhone 5c

Bagus Hernawan - Senin, 19 September 2016 | 11:29
Daftar Fitur di iOS 10 yang Tidak Tersedia di iPhone 5 dan iPhone 5c

Apple merilis iOS 10 dengan beragam fitur baru dan juga perbaikan untuk fitur yang sudah ada sebelumnya. Bagi kamu yang menggunakan iPhone 5 atau iPhone 5c, pasti penasaran apa saja fitur yang tidak dapat digunakan pada 2 jenis perangkat tersebut. Sebelum membahas fitur yang hilang, kita mulai dengan sedikit penjelasna dulu ya.

Update iOS 10 di iPhone 5 dan iPhone 5c

Perangkat iPhone 5 pertama kali dikenalkan 4 tahun lalu dengna menggunakan arsitektur 32-bit. Hal ini membuatnya harus kehilangan beberapa dukungan fitur yang terus ditambahkan Apple dan memerlukan kinerja CPU serta proses di balik layar yang cukup tinggi.

Prediksi saya, iPhone 5 dan iPhone 5c tidak akan mendukung iOS 11 yang harusnya dirilis Apple pada tahun 2017 mendatang. Jadi, silahkan mulai menabung untuk membeli iPhone baru, jika kamu ingin mendapatkan sistem operasi iOS berikutnya.

Meskipun iOS 10 kemungkinan besar adalah update terakhir untuk iPhone 5 dan iPhone 5c, performa yang diberikan masih cukup lancar. Memang sih ada beberapa proses yang mengalami sedikit delay tetapi itu semua masih dalam batasan normal. Begitu pula dengan beberapa bahasan yang mengatakan bahwa penggunaan baterai di iPhone 5 dan iPhone 5c iOS 10 lebih boros, ini juga masih dalam batasan wajar.


Baca Juga:

Fitur iOS 10 yang Tidak Hadir untuk iPhone 5 dan iPhone 5c

Photos Memories

Salah satu fitur paling menarik di iOS 10 adalah Memories di app Photos. Pengguna bisa mendapatkan rangkuman foto dalam kegiatan beberapa pekan atau sebulan, iOS 10 akan menjadikannya sebuah album berbentuk video.

Voicemail Transcription

Fitur Voicemail alias merekam panggilan telepon yang masuk saat kamu tidak dapat dihubungi, kini mendukung fitur transkrip suara ke teks. Dengarkan panggilan suara yang masuk secaa playback dan otomatis kamu akan mendapatkan transkrip dalam bentuk teks dan tombol Call Back. Fitur ini tentunya memerlukan penggunaan hardware yang cukup dan beragam hal lainnya, membuat iPhone 5 dan iPhone 5c tidak masuk dalam daftar dukungan.

Raise to Wake

Batasan berikutnya adalah fitur Raise to Wake yaitu mode mengaktifkan layar dengan cara mengangkat iPhone dari posisi di meja ke arah pandangan kamu. Fitur ini hanya ada di iPhone 6s/ 6s Plus, iPhone 7/ 7 Plus dan iPhone SE.

Perangkat iPhone 5 dan iPhone 5c yang tidak masuk dukungan Raise to Wake dan juga tidak memiliki TouchID, tentunya akan sedikit repot saat membuka Homescreen. Kamu harus menekan Home Button, masukkan Passcode Lock baru deh dapat mengakses Homescreen.

Rich Notification

Mungkin kamu bingung, kenapa notifikasi pesan yang masuk di iPhone 5 dan iPhone 6 pada iOS 10 tampil berbeda? Ya, ini karena Apple tidak menambahkan dukungan Rich Notification di iOS 10 untuk pengguna iPhone 5 dan iPhone 5c. Salah satu tanda bahwa perangkat dan aplikasi yang kamu gunakan mendukung Rich Notification adalah kolom mengetik jawaban yang ada di atas keyboard dan fitur melihat daftar chat sebelumnya.

Editor : Bagus Hernawan

Latest