Follow Us

Kenapa ‘Hello Again’ Sangat Penting untuk Apple?

Bagus Hernawan - Kamis, 27 Oktober 2016 | 16:44
Kenapa ‘Hello Again’ Sangat Penting untuk Apple?

Acara Apple Event dengan tagline ‘Hello Again’ akan segera digelar dalam beberapa jam lagi. Bagi kamu yang belum tahu, kata Hello punya sejarah yang panjang di dunia komputer Mac. Steve Jobs memegang peran besar dalam pengunaan kata sapaan ini dalam beberapa kesempatan penting di acara Apple. Penasaran? Yuk kita kilas balik sebentar.

Hello (1984)

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Komputer Macintosh 128K pertama kali dikenalkan oleh Steve Jobs di tahun 1984. Selain menggunakan iklan ‘1984’ yang sangat populer, Apple juga memberikan demo untuk Mac 128K yang bisa digunakan untuk menulis Hello dengan sebuah mouse. Perangkat input mouse menjadi sebuah revolusi baru di dunia komputer digital. Mengingat di masa tersebut IBM masih mendominasi dengan komputer berukuran sangat besar.

Mac 128K juga saat itu diajak melakukan demo voice to text dengan beberapa paragraf yang cukup menyindir komputer merek lain pada waktu itu. Berikut ini kutipannya:

Hello, I am Macintosh. It sure is great to get out of that bag!

Unaccustomed as I am to public speaking, I’d like to share with you a maxim I thought of the first time I met an IBM mainframe: Never trust a computer that you can’t lift!

Obviously, I can talk, but right now I’d like to sit back and listen. So it is with considerable pride that I introduce a man who has been like a father to me… Steve Jobs!

Hello (again) (1998)

Bagi kamu yang menyimak sejarah perusahaan Apple, Steve Jobs pernah dipecat dan hal ini membuat Apple merosot dalam segi inovasi dan pendapatan. Beragam produk baru yang dirlis tanpa Steve Jobs terasa tidak spesial, miskin inovasi dan jauh dari semangat Apple yang sebelumnya.

Begitu Steve Jobs kembali lagi, dia merils iMac sebagai komputer Mac pertama dalam 6 jenis warna case, menghilangkan disket dan menggunakan hard drive serta slot DVD. Hal ini membuat Apple kembali bangkit dan terus berjaya di balik tangan Steve Jobs.


Baca Juga:

Hello Again (2016)

DIlihat dari kedua tagline Hello yang digunakan Apple untuk mengenalkan komputer Mac, semuanya punya sebuah ciri khas khusus. Yaitu menyambut hal baru dan meninggalkan teknologi lama. Teknologi apa yang akan ditinggalkan Apple di tahun 2016 ini?

Editor : Bagus Hernawan

Latest