Follow Us

Sistem Keamanan ‘Rootless’ Tidak Aktif di Sebagian MacBook Pro Terbaru

Bagus Hernawan - Jumat, 18 November 2016 | 13:40
Sistem Keamanan ‘Rootless’ Tidak Aktif di Sebagian MacBook Pro Terbaru

Masih ingat dengan pembahasan tim MakeMac mengenai sistem keamanan baru untuk OS X El Capitan yang diberi nama System Integrity Protection atau biasa disebut Rootless? Fitur ini hadir seabagai mode bawaan setelah update OS X El Capitan atau membeli komputer Mac baru. Namun kabarnya beberapa MacBook Pro dengan Touch Bar malah hadir tanpa keamanan tersebut atau non aktif.

Hal ini diketahui oleh developer bernama Jonathan Wight. Setelah membaca beberapa jawaban dari para Followers Jonathan, ternyata memang ada sebagian pengguna MBP terbaru yang belum mendapatkan mode keamanan System Integrity Protection secara default. Informasi ini berlaku untuk MacBook Pro 13 inci atau MacBook Pro 15 inci generasi 2016.


Baca Juga:


Secara fitur, System Integrity Protection yang belum aktif memang tidak mempengaruhi penggunaan komputer. Kamu tetap dapat menikmati semua fiturnya dengan lancar, namun perlindungan untuk celah keamanan seperti akses akun root dari pihak tidak berwenang menjadi lebih rentan.

Semoga saja kesalaha kecil dari Apple untuk masalah mengaktifkan fitur ‘Rootless’ ini tidak terjadi pada banyak komputer Mac terbaru ya. Untuk mengeceknya silahkan masuk ke Terminal dan ketik perintah “csrutil status” untuk melihat status System Integrity Protection di komputer kamu ya!


Cara Mematikan Fitur Keamanan ‘Rootless’ di OS X El Capitan

[source site_name = “MacRumors” site_url = “http://www.macrumors.com/2016/11/17/system-integrity-protection-disabled-macbook-pro/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest