Follow Us

5 Event WWDC Paling Penting di Era Steve Jobs

Bagus Hernawan - Jumat, 17 Februari 2017 | 16:53
5 Event WWDC Paling Penting di Era Steve Jobs

WWDC (Worldwide Developers Conference) adalah konfrensi tahunan yang diadakan oleh Apple pada setiap tengah tahun. Dalam acara ini Apple akan menjelaskan beragam sistem operasi baru, aplikasi atau layanan yang dapat digunakan oleh para pengembang dan pengguna dalam waktu dekat.

Diawali pada tahun 1988, WWDC punya banyak cerita menarik dari jaman Steve Jobs. Tim MakeMac mendapatkan beberapa catatan seputar pengumuman di WWDC yang wajib kamu tahu sepanjang 28 tahun lalu. Simak info lengkapnya:

1. OS 9 Resmi “Dikubur” (WWDC 2002 )

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Pada tahun 2002, Apple resmi mengubur OS 9 untuk komputer Mac dan beralih ke sistem OS X. Untuk menggambarkan hal ini, Steve Jobs masuk ke ruangan dengan properti peti mati, lagu duka dan juga kotak OS 9 di bagian dalam. Terkesan sangat jenaka namun juga berarti kesedihan yang mendalam.

2. Transisi PowerPC ke Intel (WWDC 2005 )

Komputer Mac yang sebelumnya dibuat dengan CPU dari teknologi Power PC, mulai tahun 2005 berganti ke teknologi Intel. Steve Jobs membuat seluruh dunia kaget dengan perubahan ini dan kabarnya sempat gagal atau tidak optimal pada MacBook generasi awal. Namun kini setelah 11 tahun, semua komputer Mac masih menggunakan Intel dan mendukung instalasi Windows lewat Bootcamp atau aplikasi virtualisasi sistem operasi.

3. App Store (WWDC 2008)

Kalau kamu pikir saat iPhone pertama rilis sudah memiliki App Store, dugaan kamu salah. Apple baru menghadirkan App Store setahun setelah perangkat iPhone dijual. Dengan kehadiran App Store, Apple bisa mengendalikan aplikasi yang diunduh dan instal oleh pengguna.

Sehari setelah App Store hadir, Apple merilis iPhone 3G dengan iOS 2.0.1 yang menggunakan App Store sebagai aplikasi bawaan. Perkembangan untuk App Store terus meningkat pesat hingga pada tahun 2012 mencatat rekor aplikasi yang dapat kamu unduh, hingga lebih dari 1.1 juta aplikasi.

4. Selamat Datang Apple Maps (WWDC 2012)

Jika selama beberapa tahun sebelumnya aplikasi Google Maps hadir secara bawaan di iOS, mulai 2012 semua itu berubah. Ya, Apple membuat Apple Maps dan menjadikannya aplikasi bawaan iOS 6 hingga sekarang. Pada masa awal rilis memang banyak sekali bug system yang terjadi dan membuat Apple Maps dianggap tidak layak pakai. Namun sekarang Apple Maps sudah sangat berkembang dengan beragam fitur, bahkan tersedia di Apple Watch serta integrasi ke Siri.


Baca Juga:


5. iPhone 4, Retina Display Pertama (WWDC 2010)

Perangkat iPhone 4 adalah ponsel pertama dengan teknologi laya Retina Display yang kini dikembangkan ke semua produk Apple. Kehadiran iPhone 4 di WWDC juga menjadi kesempatan terakhir untuk perangkat iPhone hadir di ajang ini. Ya, di tahun berikutnya saat mengenalkan iPhone 4s, Apple menggunakan acara Apple Special Event di bulan September 2011. Tidak lama setelah acara itu, Steve Jobs meninggal dunia karena penyakit kanker pankreas.

Akhir Kata

Dari sepanjang 28 tahun WWDC, Apple selalu memberikan banyak kejutan menarik untuk para Apple Fanboy. Sayangnya tidak semua dokumentasi untuk WWDC dapat kamu temukan di podcast Apple Keynotes ya. Saya pribadi banyak belajar dari gaya presentasi Steve Jobs dan timnya dalam mengadakan Keynote di beragam acara mereka.

Berbeda lagi dengan Tim Cook, dia punya gaya khas yang berbeda. Yaitu menghadirkan banyak pengisi materi di panggung dalam durasi yang singkat serta peran perempuan secara lebih maksimal di atas panggung WWDC atau Apple Event. Apakah kamu sering menonton ulang acara WWDC atau Apple Event? Presentasi apa yang sangat kamu sukai? Bagikan di kolom komentar ya!


WWDC 2017 Siap Berlangsung di San Jose, Tanggal 5 – 9 Juni

[source site_name = “BGR” site_url = “http://bgr.com/2016/06/13/wwdc-history-top-most-important-announcements-all-time/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest