Follow Us

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Apple Watch

Bagus Hernawan - Jumat, 05 Mei 2017 | 16:47
5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Apple Watch

Perangkat Apple Watch sudah hadir dalam beberapa generasi serta ukuran. Mungkin kamu termasuk pengguna Apple Watch generasi pertama, ingin menjualnya dan ganti ke Apple Watch Series 2? Sebelum menjual Apple Watch kesayangan, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebagai kegiatan wajib. Berikut ini 5 hal yang harus dilakukan sebelum menjual Apple Watch:

5 Persiapan Sebelum Menjual Apple Watch

1. Hapus Koneksi dengan iPhone

Perangkat Apple Watch yang kamu gunakan pasti terhubung ke iPhone untuk mendapatkan koneksi internet atau transfer aplikasi dan juga fitur keamanan Activation Lock. Sebelum menjualnya, pastikan kamu sudah menghapus koneksi atau unpair Apple Watch dengan iPhone. Hal ini wajib dilakukan agar pengguna berikutnya dapat melakukan sync perangkat Apple Watch dengan lancar dan menggunakan setiap fitur secara maksimal.

Cara unpair Apple Watch sebetulnya sangat mudah, berikut ini panduannya:

  1. Pastikan perangkat iPhone dan Apple Watch ada dalam jarak dekat untuk proses unpair.
  2. Buka aplikasi Apple Watch di perangkat iPhone
  3. Masuk ke tab My Watch dan pilih Apple Watch tersebut.
  4. Tekan tombol i di bagian samping gambar Apple WAtch lalu pilih Unpair dan lakukan konfirmasi akhir.
  5. Proses berikutnya adalah memasukkan Apple ID dan password kamu untuk mematikan Activation Lock di Apple Watch. Sebelum menghapus data di Apple Watch, aplikasi ini akan membuat backup data untuk Apple Watch kamu dan menyimpannya di aplikasi Apple Watch for iOS. Gunakan backup data tersebut untuk perangkat Apple Watch baru kamu di waktu mendatang.

2. Cari Semua Kelengkapan Bawaan

Dalam kemasan Apple Watch, terdapat beberapa aksesoris bawaan yang diberikan Apple sebagai kelengkapan. Mulai dari strap atau tali Apple Watch, Magnetic Charging Cable dan juga USB Power Adapter serta unit Apple Watch itu sendiri. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semua kelengkapan ini sebelum menjual Apple Watch ya. Jika memang ada salah satu kelengkapan yang sudah hilang atau tidak ada, jangan lupa untuk memberikan informasi ini kepada calong pembeli Apple Watch tersebut.


Baca Juga:


3. Aksesoris Tambahan, Simpan atau Berikan Sebagai Bonus?

Apakah kamu pernah membeli aksesoris tambahan untuk Apple Watch? Mungkin berupa strap tambahan dari aksesoris pihak ketiga, docking atau mungkin power bank untuk Apple Watch? Jika kamu merasa tidak ingin menggunakan aksesoris ini, berikan saja sebagai bonus penjualan Apple Watch. Atau jika harganya cukup mahal, jual saja secara terpisah dengan harga yang pantas.

4. Bersihkan Apple Watch

Jika di pembahasan pertama kita sudah membersihkan Apple Watch dari sisi sistem operasi, kini giliran perangkat luar. Yaitu bodi Apple Watch, strap atau kabel charging. Gunakan kain lap yang lembut untuk membersihkan semua bagian yang mungkin kotor karena pemakaian. Jika kamu menggunakan pelindung layar, ada baiknya juga untuk melepas dan memberikan pelindung layar baru sebagai bonus atau biarkan dalam kondisi normal.

Sebagai penjual yang jujur, kamu juga harus menjelaskan detail Apple Watch bekas yang ingin kamu jual. Misalkan bagian Digital Crown yang sudah sedikit terkelupas, bodi yang tergores atau mungkin strap yang sudah sangat lama dan tidak bisa dibersihkan lagi.

5. Memberikan Layanan Purnajual Secara Personal

Sama dengan perangkat iPod atau iPad, Apple Watch menggunakan garansi 1 tahun dari Apple secara internasional. Jika Apple Watch yang kamu jual sudah tidak dilindungi garansi oleh Apple, alangkah baiknya jika kamu memberikan garansi personal kepada calon pembeli. Misalkan untuk Magnetic Charging Cable atau USB Power Adapter dan kelengkapan lainnya dalam jaminan personal selama seminggu misalnya.

Sudah Pernah Menjual Apple Watch?

Bicara masalah harga, tidak terlalu sulit untuk menetapkan harga bekas perangkat Apple Watch. Beberapa faktor yang dapat dilihat adalah usia perangkat, kelengkapan dan kondisi serta tentunya harga jual di pasaran. Penjual yang membutuhkan dana tersebut dalam waktu cepat juga biasanya akan menjual perangkat Apple Watch dengan harga yang lebih murah daripada di pasaran.

Apakah kamu sudah pernah menjual Apple Watch pribadi dalam kondisi bekas pakai? Dari 5 tips di atas, apakah ada tips tambahan yang kamu miliki dan bisa melengkapi tulisan ini? Silahkan bagikan di kolom komentar atau Tweet ke @MakeMac ya!


10 Aksesoris untuk MacBook Pro yang Harus Kamu Miliki

[source site_name = “iMore” site_url = “http://www.imore.com/how-to-sell-your-apple-watch”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest