Follow Us

8 Fakta Menarik Soal Bapak iPod Tony Fadell

Andri Alfansyah - Senin, 10 Juli 2017 | 16:19
8 Fakta Menarik Soal Bapak iPod Tony Fadell

Bagi para Apple Fanboy yang sudah pernah memiliki perangkat iPod sejak generasi awal, Tony Fadell pastinya merupakan nama yang tidak asing. Pasalnya dia adalah orang penting yang didapuk Apple untuk menciptakan iPod pada tahun 2001 lalu sehingga menyandang gelar sebagai salah satu “Bapak iPod” sampai saat ini.

Jauh sebelum merancang desain iPod buat Apple, banyak hal menarik yang perlu kamu ketahui seputar Tony Fadell, mulai dari awal karir, hengkang dari Apple, dan lainnya. Kamu bisa menyimaknya dalam rangkuman yang sudah dibikin tim MakeMac berikut ini.

1. Karir

Pria bernama lengkap Anthony Michael Fadell tersebut lahir pada tanggal 22 Maret 1969. Dia adalah orang Amerika Serikat keturunan Lebanon lulusan dari University of Michigan pada 1991 dengan gelar Bachelor of Science di jurusan Computer Engineering.

Karir awalnya dimulai saat Fadell menimba ilmu di universitas tersebut. Kala itu, dia sudah menjadi CEO perusahaan software komposisi multimedia bernama Constructive Instruments atau dikenal dengan nama MediaText.

Selepas lulus dari University of Michigan, Fadell bekerja di General Magic yaitu perusahaan yang dibentuk oleh para mantan pegawai Apple seperti Andy Hertzfeld dan Joanna Hopman. Di sana, dia mengerjakan perangkat PDA selama tiga tahun.

Selanjutnya, sejumlah perusahaan elektronik besar di mana Fadel sudah pernah bekerja adalah Sony, Philips, Matsushita, Toshiba, dan lainnya. Di perusahaan-perusahaan tersebut, dia juga mengembangkan perangkat komunikator yang populer di zamannya.

2. Jadi Petinggi di Philips

Karir Fadell menanjak di tahun 1999 di mana dia mendapatkan posisi tinggi di Philips. Di perusahaan elektronik asal Belanda tersebut, dia pernah menjabat beberapa posisi tinggi, seperti Chief Technology Officer dan Director of Engineering dengan tugas mengembangkan perangkat PDA berbasis Windows CE.

Masih di perusahaan yang sama, Fadell mendapatkan posisi sebagai Vice President of Philips Strategy and Ventures yang ditugaskan untuk mengembangkan strategi audio digital berikutnya software-nya.

3. Dirikan Perusahaan Bernama Fuse

Lantas di tahun 1999, Fadell mendirikan Fuse, perusahaan yang mengembangkan perangkat pemutar musik berbasis hard disk. Namun sayangnya perusahaan ini tidak bertahan lama karena mengalami kebangkrutan meskipun Fadell pernah meminta pendanaan dari RealNetworks pada tahun 2000.

4. Jadi Pegawai Apple

Kiprah Fadell di Apple dimulai pada bulan Februari 2001. Saat itu, dia diterima sebagai pegawai kontrak yang ditugaskan mendesain iPod dan merencanakan strategi produk audio Apple. Tidak lama di bulan April, Fadell resmi direkrut Apple untuk membentuk dan menjalankan tim iPod & Special Projects di mana dia bertanggung jawab mengawasi desain dan produksi perangkat iPod dan iSight.

Beberapa tahun berganti, Fadell mendapatkan kenaikan jabatan di Apple. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu memberikan posisi Vice President of iPod Engineering pada tahun 2004. Selanjutnya pada tanggal 31 Maret 2006, jabatannya naik menjadi Senior Vice President of the iPod Division menggantikan Jon Rubinstein.


Baca juga:

Editor : Andri Alfansyah

Latest