Follow Us

8 Fitur Favorit di Google Maps, Pengguna iPhone Wajib Tahu!

Bagus Hernawan - Kamis, 13 Juli 2017 | 17:39
8 Fitur Favorit di Google Maps, Pengguna iPhone Wajib Tahu!

Google Maps adalah aplikasi navigasi dari Google yang sudah tersedia sejak tahun 2004. Awalnya tersedia di peramban dalam versi desktop dan sekarang sudah sangat populer pada perangkat mobile device. Dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 1 miliar orang setiap bulannya, Google Maps sudah mendukung lebih dari 200 negara dan wilayah.

Aplikasi navigasi ini punya beragam fitur yang terus diperbaiki atau ditingkatan, untuk memberikan akses lebih nyaman kepada para pengguna setianya. Mulai dari offline maps, daftar tempat favorit serta masih banyak fitur lainnya. Berikut ini beberapa fitur favorit dari Google Maps for iOS yang dapat kamu gunakan di iPhone atau iPad:

1. Simpan Tempat Favorit

Sering mengadakan acara bersama teman atau keluarga di rumah makan favorit atau mengunjungi daerah tertentu? Google Maps kini punya mode Favorit yang dapat kamu simpan berdasarkan akun Google. Caranya adalah cari tempat tersebtu dengan bantuan fitru Search, tekan salah satu hasil pencariannya lalu pilih Favorite.

Setelah itu akses bagian Sidebar – Your Places – Favorite. Semua tempat yang sudah kamu simpan sebelumnya akan tampil di bagian ini dengan lengkap bersama daftar Want to Go dan Starred Places. Selain melihat daftarnya, kamu dapat membagikan list ini kepada teman lain, edit atau pengaturan mode berbagi.

2. Atur Lokasi Penjemputan dengan Layanan Ride Sharing

Ingin bepergian dengan mobil atau motor namun malas untuk menyetir apalagi tersesat? Tenang, kamu bisa gunakan layanan ride sharing (Uber, Go-Jek, Grab) dengan akses lebih cepat lewat Google Maps. Bagaimana caranya?

Mudah saja, masuk ke Google Maps, cari tempat tujuan kamu dan pilih mode transportasi dari bagian paling kanan. Setelah itu pilih layanan ride sharing yang ingin kamu gunakan, lengkap dengan estimasi biaya dan jenis kendaraan yang dapat kamu pilih. Dengan menggunakan cara ini, akses peta dan akurasi tempat penjemputan dapat menjadi lebih detail dan tentunya beberapa langkah lebih cepat.

3. Jadwal Transit Bus

Jika kamu lebih mengandalkan transportasi umum untuk bepergian dengan bantuan Google Maps, kini ada mode real-time transit yang dapat dinikmati. Misalkan untuk perjalanan dengan Busway Transjakarta, kamu bisa mendapatkan informasi secara akurat mengenai halte yang harus disinggahi atau turun dan berganti jalur perjalanan untuk mencapai tujuan tanpa terlambat. Akses bagian ini dari mode Search lalu tekan bagian mode perjalanan dengan bus. Setelah itu pilih rute yang kamu inginkan dan selamat mendapatkan panduan transit kendaraan umum dari Google Maps!

4. Jadwal Keramaian Secara Real Time

Ingin mengujungi sebuah kafe, restoran atau tempat nongkrong baru yang sedang ngetop? Supaya tidak menghabiskan banyak waktu di tempat baru tersebut, silakan cek dahulu dengan Google Maps ya. Ada mode untuk melihat apakah tempat tersebut berada pada jam sibuk atau ramai saat kamu kunjungi. Mode ini juga dapat digunakan untuk melihat jam buka dan tutup dari tempat baru yang ingin kamu kunjungi tersebut.

5. Cara Rahasia Membuat Offline Maps

Fitur offline maps atau peta di Google Maps yang dapat diakses tanpa koneksi internet adalah hal sederhana yang pastinya kamu tahu. Namun jika selama ini kamu harus menggunakan mode ini dalam beberapa step, tim MakeMac punya cara yang lebih sederhana dan singkat.

Yaitu akses Google Maps, ketik “OK Maps” pada bagian pencarian. Setelah itu Google Maps akan melakukan zoom out dalam radius 10 km atau sekitarnya untuk membantu kamu melakukan penyimpaan offline maps. Terakhir tinggal tekan Download di bagian kanan bawah untuk menyimpan peta tersebut dan akses tanpa internet saat kamu butuhkan.


Baca Juga:


6. Peta Dalam Ruangan

Menurut catatan dari Google Indonesia, ada lebih dari 60 tempat di Indonesia yang sudah dipetakan dengan teknologi Indoor Maps. Fitur ini akan memudahkan pengguna mengakses Google Maps dalam ruangan untuk sebuah daerah yang sangat luas atau memiliki beberapa tempat menarik yang tidak bisa diakses jika mengandalkan pemetaan luar ruang. Beberapa tempat tesebut adalah public place yang pastinya kamu kenal. Yaitu Bandara Udara Internasional Ngurah Rai Bali, Jakarta Convention Centre, Grand Indonesia Shopping Town, dan Museum Nasional Indonesia serta banyak lagi lainnya.

Editor : Bagus Hernawan

Latest