Follow Us

Pengalaman Sahabat MakeMac Menembus Firmware Password di Mac

Bagus Hernawan - Sabtu, 12 Agustus 2017 | 09:59
Pengalaman Sahabat MakeMac Menembus Firmware Password di Mac

Berita mengenai sejumlah pengguna produk Apple di Indonesia terjebak Lost Mode dan EFI Lock masih banyak mendapatkan perhatian. Hal ini terjadi karena data Apple ID dan password milik pengguna didapatkan oleh peretas yang kemudian mengatur perangkat iPhone kamu dalam mode Lost Mode serta perangkat Mac di mode EFI Lock atau Firmware Password. Salah satu Sahabat MakeMac bercerita mengenai pengalaman terkunci di Firmware Password untuk komputer Mac dan sukses membuka kode tersebut. Berikut ini info lengkapnya.

Menggunakan Brute Force Manual

Bagi kamu yang belum paham, Firmware Password yang diatur oleh peretas akun biasanya menggunakan 4 digit kode. Itu berarti kode yang bisa dimasukkan mulai dari 0000 – 9999, ada ribuan kemungkinan. Narasumber berita ini (Deni Cho) menjelaskan bahwa dia telah mencoba memasukkan semua kode yang memungkinkan (kegiatan ini bisa disebut brute force) lalu akhirnya dapat membuka Firmware Password di MacBook Pro late 2015 miliknya. Secara sederhana, prosesnya mirip ketika kamu lupa angka kombinasi di gembok koper yang menggunakan kombinasi angka yaitu mencoba satu persatu hingga berhasil.

Proses memasukkan kode ini juga berlangsung cukup lama namun tidak sulit. Kamu harus sabar dan teliti untuk melakukannya. Namun ingat, tidak bisa sembarangan saja karena Apple akan memberikan jeda waktu beberapa detik untuk setiap kesalahan kode dan semakin lama jika terus-menerus salah. Berikut ini trik untuk melakukan brute force Firmware Password 4 digit:

  1. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mencatat semua kode yang akan kamu coba atau tulis dulu dari 0000 sampai 9999. Bisa juga menggunakan aplikasi spreadsheet (Microsoft Excel, Numbers) supaya lebih otomatis dalam menulis angka.
  2. Nyalakan komputer Mac sambil menahan tombol Option atau Alt.
  3. Di layar kamu akan muncul ikon gembok seperti gambar di bawah, kode yang bisa diinput jumlahnya tidak terbatas. Setiap kesalahan input kode sejumlah 5 kali, proses input akan mengalami jeda sekitar +1 detik. Jadi misalkan kamu melakukan 10 kali kesalahan, akan ada proses jeda input berikutnya 5 detik. Jeda maksimal yang akan diberikan adalah 10 detik.
  4. Untuk menghindari jeda yang diberikan, setiap 10 kali membuat kesalahan silakan lakukan restart komputer dan tahan tombol Option atau Alt untuk kembali ke awal, lalu input lagi kemungkinan Firmware Password berikutnya.
  5. Kamu tetap bisa melakukan brute force tanpa perlu berkali-kali restart namun harus menunggu jeda yang lebih lama – itu artinya proses harus dilakukan hingga lebih dari 24 jam.
Sebagai tips tambahan, pastikan input angka yang ada di daftar secara hati-hati dan jangan sampai ada yang terlewat. Kamu bisa berhenti kapan saja dan kembali melanjutkan input ini sesuai daftar yang dibuat. Dalam percobaan yang dilakukan, Deni Cho hanya memerlukan waktu sekitar 20 jam untuk mendapatkan kode Firmware Password yang diperlukan yaitu 9169.

Cara kedua yang lebih otomatis adalah menggunakan perangkat tambahan dengan program khusus untuk mencoba semua kemungkinan angka di Firmware Password. Aditya Daniel dari Unappologetic menemukan catatan di laman GitHub untuk kode program yang dapat digunakan pada perangkat Teenesy board sebagai langkah brute force yang lebih otomatis. Silakan baca catatan lengkapnya di laman berikut ini.

Setelah berhasil membuka Firmware Password dan mencegah hal lain yang tidak diinginkan, silakan backup data penting kamu dan ganti password Apple ID lalu instal ulang komputer jika memang diperlukan. Banyak pengguna lain yang memberikan saran tambahan untuk mematikan fitur Find My Mac sebagai tindakan pencegahan. Akses bagian ini dari System Preferences – iCloud.

Baca Juga:

  • Pengalaman Kecurian iPhone + Terkena Phishing Apple ID
  • Sejumlah Pengguna di Indonesia Terserang Jebakan Lost Mode dan EFI Lock
  • 5 Tips Agar Terhindar Dari Kejahatan Phishing Apple ID

Catat, Jangan Membayar ke Peretas Akun!

Bagi kamu yang mengalami masalah Lost Mode dan Firmware Password lalu berniat untuk menebus kodenya kepada orang yang meretas, urungkan saja niat tersebut. Karena @DeniChoDev juga sudah melakukan hal yang sama, bahkan peretas ini sempat membalas emailnya dan memberikan harga lebih murah.

Dari yang harusnya $50 untuk menebus kombinasi angka di Firmware Password menjadi $30 saja. Namun setelah dibayar, peretas ini tidak memberikan respon apapun. Dugaan saya, peretas ini juga tidak tahu kode apa yang diatur pada setiap komputer karena dia menggunaka bot atau script otomatis.

Akhir Kata

Sebagai penutup, Apple sebetulnya sudah memberikan catatan mengenai pengaturan Firmware Password di Mac secara lengkap. Jika pengguna tidak dapat mengingat kode yang tampil di layar, silakan bawa ke Apple Store beserta bukti kepemilikian dan pihak Apple akan memberikan bantuan.

Editor : Bagus Hernawan

Latest