Follow Us

Bocoran Dokumen Apple Jelaskan Aturan Perbaikan iPhone

Bagus Hernawan - Senin, 04 September 2017 | 12:24
Bocoran Dokumen Apple Jelaskan Aturan Perbaikan iPhone

Sebuah dokumen dengan nama "Visual/Mechanical Inspection Guide" diketahui bocor dari pihak Apple kepada laman Business Insider (via MacRumors) . Catatan tersebut berisi panduan layanan perbaikan perangkat iPhone yang dibagi dalam 3 kelompok – menggunakan kode warna hijau, orange dan merah.

Yaitu hijau untuk jenis layanan perbaikan dari Apple yang diberikan pada pengguna iPhone dalam masa garansi 1 tahun awal dari pembelian, orange untuk produk iPhone di luar masa garansi yang dapat memperoleh perbaikan atau service dan kode warna merah untuk jenis layanan servis yang ditolak. Dokumen ini berlaku untuk perangkat iPhone 6, iPhone 6s dan iPhone 7 serta seri Plus dari setiap jenisnya. Waktu rilisnya juga tercatat dalam tanggal 3 Maret 2017 dan kabarnya memang ini dokumen yang valid serta biasa digunakan Apple untuk pelatihan.

there’s a similar document for all of its products, and that it’s generally used for training.


Baca Juga:


Dapat kamu lihat pada gambar di atas, setiap penjelasannya menggunakan kalimat yang mudah dipahami dan ada gambar tambahan. Misalkan untuk kode hijau, jenis kerusakan yang dapat diperbaiki oleh Apple dan mendapatkan penggantian karena masih dalam masa garansi adalah debu di balik layar, kamera FaceTime yang tidak sejajar dan hairline crack atau retak dengan garis setipis rambut tanpa retak tambahan atau bekas jatuh lainnya.

Sedangkan untuk kode orange ada kerusakan seperti retak di tepian layar, kerusakan di port jack audio, iPhone bengkok, port charging yang terkena korosi serta catatan mengenai water damage atau kerusakan karena air. Karena di bagian orange adalah perangkat yang sudah tidak dalam perlindungan garansi, pengguna yang akan melakukan servis akan dikenai biaya perbaikan yang sesuai kebijakan Apple di laman iPhone Service Pricing.

Apple juga punya catatan lain seputar kerusakan water damage. Tim teknisi dari Apple wajib mengecek beberapa hal seputar kerusakan water damage yang disampaikan seperti dari sisi eksternal atau internal perangkat. Ada juga pengecekan mengenai korosi di port Lightning serta beberapa keterangan lainnya.

Masih dari laman sumber berita, tim teknisi Apple yang menjadi narasumber dari catatan ini juga menjelaskan bahwa dokumen VMI biasanya digunakan hanya pada masalah yang bersifat eksentrik. Terkadang tim teknisi dari Apple menemukan masalah dari perangkat yang diservis dan sudah tidak mendapatkan garansi namun tetap memberikan penggantian seperti prosedur perangkat dalam dukungan garansi.


Daftar Lengkap Harga Perbaikan Semua Model iPhone

[source site_name = “Macrumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/09/01/leaked-apple-document-iphone-repairs/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest