Follow Us

Cara Rahasia Mengembalikan 3D Touch App Switcher dengan AssitiveTouch di iOS 11

Bagus Hernawan - Jumat, 22 September 2017 | 14:31
Cara Rahasia Mengembalikan 3D Touch App Switcher dengan AssitiveTouch di iOS 11

Apple menghapus fitur 3D Touch App Switcher di iOS 11 karena beberapa masalah teknis. Namun Craig Federighi sudah menjelaskan bahwa fitur ini akan segera kembali pada update iOS 11.x atau update di waktu yang akan datang. Nah jika kamu sudah tidak sabar, silakan gunakan tips rahasia dari MakeMac untuk mengemalikan 3D Touch di iOS 11 dengan Assitive Touch. Penasaran? Yuk simak panduan lengkapya!

AssitiveTouch + 3D Touch

Apple pertama kali mengenalkan 3D Touch di perangkat iPhone 6s. Fitur deteksi tekanan layar ini berguna untuk memberikan preview di tautan, akses cepat untuk beberapa fitur aplikasi di Homescreen serta beberapa lainnya. Fitur AssitiveTouch juga mendapatkan dukungan untuk mode 3D Touch ini dan hal paling menyenangkan adalah kamu dapat membuat pengaturannya sesuai kebutuhan. Salah satunya dalah membuat AssitiveTouch sebagai cara cepat untuk akses App Switcher atau Multitasking. Berikut ini panduan lengkapnya:

  1. Masuk ke Settings – General – Accessibility – AssitiveTouch.
  2. Aktifkan AssitiveTouch.
  3. Masuk ke Customize Top Level Menu – 3D Touch Action. Pilih Multitasking.
  4. Kembali ke pengaturan AssitiveTouch, pilih Idle Opacity untuk membuat AssitiveTouch terlihat lebih transparan di layar saat tidak digunakan. Saya pribadi menggunakan pengaturan di angka 30%.
  5. Selesai, silakan keluar dari app Settings.

Baca Juga:


Sekarang silakan tempatkan AssitiveTouch di sisi kiri layar iPhone atau bagian yang paling kamu suka. Setelah itu silakan tekan dan tahan tombol AssitiveTouch untuk menggunakan mode App Switcher alias Multitasking. Mudah sekali ya! Sebagai tambahan, kamu juga bisa membuat menu di dalam AssitveTouch menjadi lebih rapi atau lengkapi dengan daftar fitur yang paling sering kamu gunakan dan butuh akses cepat. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan panduan ini kepada teman atau kerabat kamu yang sudah update ke iOS 11 dan kesulitan akses App Switcher ya!

Sebagai catatan, tips mengganti 3D Touch App Switcher dengan Assitive Touch di iOS 11 hanya dapat digunakan pada perangkat iPhone yang menggunakan hardware 3D Touch. Yaitu iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus dan generasi yang lebih baru.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest