Follow Us

Pengalaman Mencoba iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di Taiwan

Bagus Hernawan - Jumat, 22 September 2017 | 21:20
Pengalaman Mencoba iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di Taiwan

Tanggal 22 September 2017 alias hari ini, Apple resmi menjual iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di puluhan Apple Store di dunia. Para pemesan dari layanan Apple Online Store juga dapat mengambil produk iPhone terbaru ini atau menunggu paketnya tiba di rumah dalam waktu dekat. Salah satu Sahabat MakeMac, Oo Murbiyanto kembali melaporkan pengalamannya untuk jalan-jalan ke Apple Store Taipei 101 dan mencoba iPhone terbaru secara langsung.

Pengalaman Perdana Mencona iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Bagi kamu yang belum tahu, perangkat iPhone 8 dan iPhone 8 Plus menggunakan dimensi dan bentuk yang nyaris identik dengan pendahulunya yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Meskipun hampir identik, Apple mengubah bodi bagian belakang dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus menggunakan bahan kaca, sehingga mendukung fitur Wireless Charging dari teknologi Qi Wireless Charging.

Menurut Oo, sepintas jika dilihat dari jauh akan agak sulit untuk membedakan iPhone 7 dan iPhone 8 misalnya. Namun jika dilihat dari belakang, akan terlihat bodi dari kaca yang membuat perangkat iPhone 8 dan iPhone 8 Plus lebih berkilau dan tampak memantulkan cahaya dengan lebih baik. Mas Oo juga menjelaskan bahwa iPhone 8 dan iPhone 8 Plus masih menjadi “magnet” dari sidik jari pengguna alias sedikit mudah kotor. Namun bekasnya tidak lebih banyak jika dibandingkan dengan iPhone 7 atau iPhone 7 Plus dengan warna Jet Black yang menggunakan warna hitam berkilau dan memang rentan bekas sidik jari.


Baca Juga:


Ketajaman kamera dan layar menjadi hal kedua yang dicoba. Untuk kamera belakang, Apple memang masih menggunakan resolusi 12MP sebagai andalan sejak beberapa tahun ini. Namun di sisi hardware, kamera di iPhone 8 dan iPhone 8 Plus punya beberapa bagian baru yang menarik dan tentunya membuat hasil gambar kamu menjadi semakin memukau.

Tidak hanya 1 atau 2 teknologi baru yang diberikan Apple pada kamera iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Namun ada Quad-LED True Tone dengan Slow Sync, Backside Illumination Sensor, Hybrid IR filter, Focus Pixel untuk Autofocus dan Tap to Focus serta Live Photos dengan mode penstabil yang bekerja secara otomatis. Dengan serangkaian teknologi ini, tidak heran jika Apple memberikan fitur Lightning Portrait di iPhone 8 Plus dan juga iPhone X untuk menghasilkan gambar bokeh dengan mode edit yang menawan.

Berpindah ke layar, Oo juga memberikan keterangan bahwa ketajaman layar di iPhone 8 dan iPhone 8 Plus terasa lebih cantik dibandingkan generasi sebelumnya. Mungkin ini karena Apple sudah menggunakan fitur True Tone Display yang sebelumnya hanya ada di perangkat iPad Pro generasi kedua (iPad Pro 9.7 inci, iPad Pro 12.9 generasi kedua dan iPad Pro 10.5 inci). True Tone Display berfungsi untuk mengubah white balance di layar secara otomatis dengan menyesuaikan cahaya di sekitar kamu dan juga sumber cahaya (matahari, lampu dalam ruang atau lainnya). Di iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, True Tone display bisa diaktifkan lewat Control Center atau dari app Settings.

Sayangnya Oo Murbiyanto tidak sempat mencoba banyak fitur lainnya yang ada di iPhone 8 dan iPhone 8 Plus karena keramaian di Apple Store pada siang tadi. Beberapa teknologi menarik yang masih membuat saya penasaran adalah kualitas Dual Speaker yang kabarnya lebih keras dan jernih, fitur Wireless Charging dan juga Fast Charging serta masih banyak lainnya.

Apakah kamu berencana membeli iPhone 8, iPhone 8 Plus? Atau malah ingin menunggu iPhone X di bulan November mendatang? Bagikan di kolom komentar ya!

Thanks, O2zone!


Mengintip Harga Jual iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X di Singapura


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest