Follow Us

Ada 15 Bangunan di Apple Park, Ini Rincian Biaya Pembangunannya

Andri Alfansyah - Kamis, 05 Oktober 2017 | 13:56
Ada 15 Bangunan di Apple Park, Ini Rincian Biaya Pembangunannya

Sudah bukan rahasia lagi, markas baru Apple yang dinamakan Apple Park memakan biaya pembangunan yang fantastis yaitu diperkirakan sebesar $5 miliar atau sekitar Rp 67,4 triliun. Sehingga ia diklaim sebagai bangunan paling mahal keempat di dunia.

Mengenai biaya pembangunan yang fantastis, BuildZoom berhasil mendapatkan bocoran surat izin untuk mendirikan Apple Park. Dalam surat tersebut tercantum detil informasi mengenai biaya untuk masing-masing bangunan yang ada di markas baru milik Apple tersebut.

Sebagaimana dilansir 9to5Mac, ada 15 bangunan besar yang ada di Apple Park. Bangunan utama yang berbentuk melingkar mirip seperti pesawat luar angkasa menghabiskan biaya paling besar seperti yang diharapkan yaitu mencapai $427.570.867.

Bangunan kedua dengan biaya paling mahal adalah Steve Jobs Theater. Auditorium bawah tanah yang awal bulan dipakai buat memperkenalkan iPhone X dan sejumlah produk baru lainnya menghabiskan biaya pembangunan sebesar $179.437.885.

Berikutnya adalah area parkiran di sebelah utara dan selatan; dan bangunan Visitor Center. Untuk masing-masing bangunan, Apple menghabiskan biaya pembangunan sebesar $113.731.332 dan $109.607.640.

Sementara itu, Glendenning Barn tercatat sebagai bangunan dengan biaya pembangunan paling murah. Apple hanya menghabiskan biaya sebesar $360.000 untuk membangunan gudang gandum yang diklaim sangat bersejarah tersebut.

Selengkapnya untuk biaya pembangunan untuk banguna-bangunan yang lain bisa kamu lihat dalam gambar berikut:


Baca juga:


Tidak hanya itu, Apple masih menggelontokan biaya untuk pembangunan area taman, irigasi, dan terowongan masuk. Biaya yang dihabiskan terbilang sangat besar. Tidak tanggung-tanggung yaitu mencapai $85 juta. Sedangkan terowongan menghabiskan biaya $25 juta.

Apple Park sendiri hampir rampung. Hanya beberapa areanya yang masih harus mendapatkan polesan, seperti taman luar dan dalam. Apple rencananya bakal resmi membuka markas barunya tersebut akhir tahun ini.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/10/04/apple-park-cost-breakdown-details/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest