Follow Us

Catat, Hanya Apple yang Membuat Kabel USB-C to Lightning

Bagus Hernawan - Senin, 23 Oktober 2017 | 14:42
Catat, Hanya Apple yang Membuat Kabel USB-C to Lightning

Aksesoris kabel Lightning to USB-C adalah salah satu cara praktis untuk kamu pengguna iPhone dan juga komputer MacBook 12 inci atau MacBook Pro Touch Bar karena tidak perlu membeli adapter. Kabel data tersebut juga diam-diam bisa digunakan untuk teknologi Fast Charging di iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X.

Hampir setahun ini saya mengamati, kenapa tidak ada produsen aksesoris pihak ketiga yang membuat kabel tersebut (dengan standar MFi buatan Apple)? Jawabannya ternyata sederhana, Apple belum membuka lisensi MFi untuk USB-C to Lightning kepada produsen aksesoris pihak ketiga.

Informasi ini saya dapatkan dari laman Apple Support bagian identifikasi aksesoris palsu. Di bagian awal tertulis hanya Apple yang membuat kabel USB-C to Lightning yang menggunakan standar untuk perangkat iOS. Tidak ada aksesoris pihak ketiga dengan label standar MFi (Made for iPhone/ iPad/ iPod) untuk aksesoris tersebut.

Only Apple makes the USB-C to Lightning Cable. There are no “Made for iPod/iPhone/iPad” USB-C to Lightning cables.


Baca Juga:


Kembali pada catatan yang diberikan oleh Apple, ada beberapa kemungkinan buruk yang dapat terjadi jika kamu menggunakan aksesoris kabel data palsu atau tidak sesuai standar dari Apple. Yaitu kerusakan perangkat iOS, kabel yang mudah rusak, konektor bermasalah sehingga cepat panas dan terakhir yaitu mengalami kendala saat proses sinkronisasi dan juga isi baterai.

Saat artikel ini tim MakeMac bagikan, kabel data USB-C to Lightning buatan Apple hanya tersedia dalam 2 jenis produk. Pertama dengan panjang 1 meter ($25) atau dengan panjang 2 meter ($35). Tentunya ini bukan harga yang murah apalagi jika kamu hanya sekedar ingin mencoba teknologi Fast Charging di iPhone 8 dengan USB-C Power Adapter ke bawaan MacBook 12 misalnya.


(Video) Ribetnya Menggunakan MacBook Pro 2016 vs MacBook Pro non Retina Display


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest