Follow Us

Cara Melihat Riwayat Pembelian App Store dan iTunes Store di Perangkat iOS

Bagus Hernawan - Kamis, 09 November 2017 | 17:02
Cara Melihat Riwayat Pembelian App Store dan iTunes Store di Perangkat iOS

Riwayat Pembelian atau Purchase History adalah daftar catatan belanjaan yang kamu lakukan di App Store dan iTunes Store. Selama ini fitur tersebut hanya dapat diakses di aplikasi iTunes (Windows atau Mac) dengan cara login ke Apple ID yang kamu gunakan. Cara berikutnya adalah mendapatkan Purchase History dari Apple lewat email untuk setiap belanjaan yang kamu lakukan.

Kini Apple menambahkan fitur Purchase History di perangkat iOS dengan mudah dan cepat. Berikut ini panduan untuk melihat Riwayat Pembelian atau Purchase History di perangkat iOS 11.

Melihat Purchase History di iOS 11.

  1. Masuk ke Settings > Profile (bagian paling atas) > iTunes & App Store.
  2. Tekan Apple ID > View Apple ID. Gunakan Touch ID atau password Apple ID sebagai otentifikasi keamanan.
  3. Scroll hingga bagian paling bawah dan tekan Purchase History. Mode urutan di Purchase History menggunakan kumpulan catatan berdasarkan tanggal pembelian. Catatan di Purchase History juga secara default tampil dalam kurun waktu 90 hari, tampilan yang lebih lengkap dapat kamu akses dengan menekan tombol di bagian atas. Untuk melihat daftar lengkap dari setiap grup Purchase History, silakan tekan ikon panah ke kanan dan detailnya bisa kamu lihat seperti gambar di bawah.
Sebagai tambahan catatan, pengguna juga bisa melaporkan catatan Purchase History yang dirasa tidak sesuai atau mungkin bermasalah. Seperti penagihan berganda atau mungkin masalah dalam hal pembelian. Silakan tekan tombol Report a Problem dan isi semua bagiannya sesuai yang diperlukan.

Menurut pendapat saya, Apple memang sudah waktunya membuat Purchase History mudah diakses dari bagian Settings. Mengingat daftar Purchase History lewat email bisa digunakan sebagai salah satu jalan kejahatan Phishing yang sempat meresahkan beberapa waktu lalu. Contohnya adalah email palsu berupa Purchase History yang menunjukkan sebuah bukti pembelian dengan nominal yang besar, pengguna wajib login ke sebuah laman yang ternyata bukan halaman resmi dari Apple.

[source site_name = “Apple Support” site_url = “https://support.apple.com/en-us/HT204088#chm”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest