Follow Us

Twitter Indonesia Rilis Laporan #RameDiTwitter 2017, Penuh Keberagaman!

Bagus Hernawan - Rabu, 06 Desember 2017 | 19:03
Twitter Indonesia Rilis Laporan #RameDiTwitter 2017, Penuh Keberagaman!

Setiap menjelang penghujung tahun, Twitter Indonesia akan merilis informasi mengenai beragam hal terbaik dan paling ramai dibicarakan. Menggunakan nama #RameDiTwitter, laporan tersebut disampaikan dalam acara yang berlangsung pada hari Rabu 6 Desember 2017 di Graha Tirtadi Wolter Monginsidi, Jakarta. Berikut ini laporan lengkap dari tim MakeMac untuk acara tersebut.

Golden Tweet 2017

Predikat Golden Tweet yang tahun lalu disandang oleh Tweet Presiden Jokowi, tahun ini berpindah pada sebuah berita duka. Yaitu Tweet dari akun PerselaFC yang mengabarkan kabar duka dari kapten Choirul Huda yang berpulang di saat pertandingan melawan klub Semen Padang. Ucapan belasungkawa membanjiri linimasa Twitter dan tidak hanya berasal dari penduduk di Indonesia namun juga pemain internasional. Dalam catatan yang tim MakeMac dapatkan, hashtag #RIPChoirulHuda langsung menjadi trending topic karena mendapatkan 20 ribu Retweet dan lebih dari 12 ribu Likes.

Momen dan Tagar #RameDiTwitter Sepanjang 2017

Dapat kamu lihat pada gambar di atas, Twitter punya beberapa catatan untuk 10 Momen dan Tagar yang paling banyak digunakan. Mulai dari kegiatan selama Ramadan, Pilkada Serentak 2017, HUT RI–72, Pilkada DKI, Konset BTS di Jakarta, Ksus Ahok, Berpulangnya Choirul Huda, Kasus Korupsi Setya Novanto, Pernikahan Raisa – Hamish, Pernikahan Kahiyang Ayu – Bobby Nasution. Semua moment tadi bisa menandakan keberagaman yang ada di Indonesia sepanjang tahun 2017. Mulai dari politik, hiburan dan juga semangat nasionalisme.

Baca Juga:

  • Twitter Uji Coba Fitur Bookmarks, Simpan Kicauan Tanpa Ketahuan
  • Akun Apple Support Kini Resmi Hadir di YouTube, Ini Isinya
Bicara Tagar tentu tidak jauh dari Twitter. Tanda # yang berguna untuk menghubungkan antar cuitan pengguna dan bisa ditemukan dengan mudah ini juga punya 10 urutan yang paling ramai dibicarakan. Mulai dari #PersibDay, #JumatBerkah, #WingsTourInJakarta, #TimnasDay, #PersijaDay, #FreeAhok, #RI72, #GoJekTravelokaLiga1, #SaveTiangListrik dan terakhir #PilkadaDKI.

Catatan lain yang dirilis oleh Twitter dalam acara tersebut adalah Pengguna Indonesia yang Paling Banyak Dibicarakan serta Akun Indonesia dengan pengikut Terbanyak dan beberapa catatan lain seputar dunia musik, film dan kota yang paling banyak menggunakan Twitter.

Selain merilis laporan tersebut, Twitter juga mengundang beberapa pengguna aktif Twitter yang bisa dibilang mewakili semangat keberagaman dalam berbagi hal positif yang menarik di tahun 2017. Yaitu Addie MS sebagai musisi dengan predikat paling banyak dibicarakan nomor 5 di tahun 2017, @CeritaTranspOL yang berbagi beragam informasi mengenai layanan transportasi online dan juga @InfoSuporter yang menyatukan semua suporter sepakbola di Indonesia dalam satu wadah komunitas.

Apakah kamu aktif di Twitter dalam hal mencari berita atau berkomunikasi dengan teman dan kerabat? Jangan lupa Follow @MakeMac ya untuk mendapatkan beragam berita dan informasi terbaru seputar Apple di Indonesia!

Editor : Bagus Hernawan

Latest