Follow Us

Pria China Diringkus karena Selundupkan iPhone Palsu ke AS

Andri Alfansyah - Senin, 05 Februari 2018 | 16:17
Pria China Diringkus karena Selundupkan iPhone Palsu ke AS

Kepolisian Amerika Serikat dilaporkan berhasil meringkus seorang pria asal China bernama Jianhua “Jeff” Li sekaligus mengakhiri aksi kejahatan yang dilakukannya selama bertahun-tahun dalam menjual produk Apple palsu di AS.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) mengumumkan bahwa Li yang tinggal di AS dengan menggunakan Visa mahasiswa sudah mengakui bersalah sudah menyelundupkan dan memperdagangkan barang palsu di Negeri Paman Trump itu.

Dalam dokumen pengadilan New Jersey seperti dilansir 9to5Mac, Li menyelundupan sebanyak 40.000 perangkat elektronik, termasuk di dalamnya adalah iPhone dan iPad berikut aksesorisnya ke AS. Produk-produk tersebut menggunakan label atau merek Apple palsu.

Tidak sendirian, Li menyelundupkan produk Apple palsu tersebut berkomplot dengan sejumlah orang rekannya melalui perusahaan miliknya, Dream Digitals. Di antaranya adalah Andreina Becerra, Roberto Volpe, dan Rosario LaMarca yang juga sudah ditangkap.

Sementara pengadilan sudah menjatuhkan vonis kurungan penjara selama 37 bulan kepada Rosario LaMarca, Andreina Becerra dan Roberto Volpe dilaporkan masih menunggu vonis diberikan pengadilan.


Baca juga:


Aksi kejahatan yang dilakukan dan Li dan rekan komplotannya tergolong sangat rapi. Produk-produk Apple palsu tersebut dikirimkan secara terpisah dengan labelnya ke seluruh wilayah AS sehingga bisa lolos dari pemeriksaan petugas bea cukai.

Dari penjualan produk Apple palsu tersebut, Li memperoleh bayaran lebih dari $1,1 juta atau sekitar Rp 15 miliar yang masuk ke rekening bank pribadinya. Penyelundupan produk Apple palsu dilaporkan dilakukan selama 5 tahun, dari Juli 2009 hingga Februari 2014.

Pengadilan AS sendiri saat ini belum menjatuhkan vonis kepada Li. Sidang putusan hukuman untuk warga China atas kejahatannya tersebut dijadwalkan bakal digelar pada 30 Mei mendatang.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2018/02/02/counterfeit-iphone-ipad-scheme/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest