Follow Us

iCloud Berhasil Membantu Penangkapan Tukang Spam Terbesar di Dunia

Bagus Hernawan - Selasa, 06 Februari 2018 | 13:29
iCloud Berhasil Membantu Penangkapan Tukang Spam Terbesar di Dunia

Apple berperan besar dalam menangkap seorang tukang Spam di internet, Peter Levashov dari Rusia. Penjahat di dunia maya yang terkenal dengan nama samaran “Severa” ini biasa berulah dengan cara menyewakan akses ke spammer lain dengan botnet buatannya yang bernama Kelihos.

Kegiatan yang biasa dilakukan adalah membuat antivirus palsu atau kegiatan tipuan lainnya untuk menjebak para pengguna komputer. Melihat reputasinya, Peter Levashov kabarnya termasuk 1 diantara 10 tukang spam paling berbahaya di dunia.

Dikutip dari laman sumber, dokumen surat sumpah yang beredar menyebutkan bahwa penangkapan Peter Levashov berdasarkan beberapa bukti digital penting. Mulai dari catatan server, pesan Jabber, pembayaran online dan juga akses ke iCloud. Penyidik juga menyita server Kelihos di Luksemburg, sering menunjukkan akses ke akun email Levashov karena dia menggunakan server sebagai proxy.

Investigators also found an iCloud account registered in Levashov’s name, registered from an IP address that had often connected to the Luxembourg server


Baca Juga:


Penyidik juga meminta akses khusus kepada Apple untuk mencari iCloud dengan nama tersangka. Dari langkah tersebut, mereka meminta login IP Address yang akhirnya menunjukkan keberadaan penjahat tersebut dan akhirnya berhasil ditangkap. Pihak Apple juga kabarnya dilarang membocorkan detail hal tersebut kepada pihak lain karena menyangkut kepentingan hukum.

Masih ada beberapa detail menarik lagi dari surat sumpah di penyidik yang menjelaskan tentang kasus Peter Levashov. Kamu bisa membacanya secara lebih lengkap di laman The Verge.


Apple Buka Suara Soal Penyelidikan Pemerintah AS Terkait Performa iPhone

[source site_name = “The Verge” site_url = “https://www.theverge.com/2018/2/5/16975896/icloud-warrant-kelihos-botnet-levashov-affidavit”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest