Follow Us

Polisi China Gerebek Toko Servis Apple Palsu, Kenai Denda Rp 600 Juta

Andri Alfansyah - Kamis, 08 Februari 2018 | 13:56
Polisi China Gerebek Toko Servis Apple Palsu, Kenai Denda Rp 600 Juta

Sebuah tempat yang beroperasi sebagai toko servis Apple palsu di Beijing, China, dikabarkan digerebek pihak kepolisian setempat Senin lalu dalam razia penegakan hukum soal pelanggaran hak kekayaan intelektual di negara tersebut.

Sebagaimana dilaporkan South China Morning Post dari koran harian The Mirror, para pegawai toko servis Apple palsu tersebut memakai kaos berwarna gelap dengan logo Apple putih, mirip seperti yang dipakai pegawai di gera-gerai Apple.

Untuk meyakinkan para pelanggannya, toko servis tersebut akan mengirimkan pesan yang di dalamnya disertai logo Apple dan kata Apple Service Center saat pelanggan membayar dengan memindai bar code 3D di dalam toko.

Tidak hanya itu dalam menjalankan bisnisnya yang melanggar hukum, toko servis Apple palsu itu juga menjual komponen-komponen elektronik palsu. Sehingga produk yang diperbaiki dinilai dimasukan komponen yang tidak aman.

Staff at the business wore dark coloured T-shirts with a white Apple logo, copying workers at real Apple stores selling electronic products.

People paying by scanning their phones on a 3D bar code at the firm would also get a message with the Apple logo and the words Apple service centre.

The store also sold counterfeit electronic parts, meaning repairs carried out may have made equipment unsafe, the department was quoted as saying.


Baca juga:


Bahkan dalam situsnya, mereka mempromosikan diri dengan mengklaim sebagai penyedia layanan servis perangkat mobile terkemuka di China. Mereka sesumbar mendukung lebih dari 30.000 perusahaan, termasuk operator telekomunikasi.

Atas bisnis haramnya tersebut, toko servis Apple abal-abal tersebut dikenakan denda sebesar 270,000 yuan atau hampir Rp 600 juta. Sedangkan barang-barang palsu yang dijual sudah disita.

Pihak berwenang di sana dilaporkan sudah memasukkan perusahaan ini dalam daftar hitam. Kepolisian juga rencananya bakal mengadakan penyelidikan ke toko-toko lainnya yang diduga menjalankan bisnis serupa.

[source site_name = “SCMP” site_url = “http://www.scmp.com/news/china/society/article/2132253/bogus-apple-repair-centre-fined-beijing”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest