Follow Us

Kode Program iBoot iOS 9 Bocor ke Publik, Apple Bantah Bahaya Keamanan

Bagus Hernawan - Jumat, 09 Februari 2018 | 10:14
Kode Program iBoot iOS 9 Bocor ke Publik, Apple Bantah Bahaya Keamanan

Kode program dari iBoot, salah satu komponen utama iOS yang ada di perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch kabarnya sempat bocor di laman GitHub. Dikutip dari beberapa sumber, iBoot yang bocor adalah milik iOS 9 dan sudah dikonfirmasi oleh Apple.

Meskipun sempat bocor dan akhirnya diakui, pengguna tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Ya, Apple mengklaim bahwa fitur keamanan yang ada di iOS tidak hanya bergantung pada kode program yang digunakan. Apple sudah mengatur beragam lapisan keamanan baik di sisi hardware dan software untuk semua produknya. Ditambah lagi kini pengguna iOS 9 sudah sangat sedikit.

“Old source code from three years ago appears to have been leaked, but by design the security of our products doesn’t depend on the secrecy of our source code. There are many layers of hardware and software protections built into our products, and we always encourage customers to update to the newest software releases to benefit from the latest protections.”


Baca Juga:


Jika kamu sudah membaca berita sebelumnya, sistem operasi iOS 11 kini telah digunakan oleh 65% perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch di dunia. Sisanya adalah iOS 10 di angka 28% dan iOS 9 serta iOS lainnya di angka 7% saja. Sistem operasi iOS 9 dirilis 3 tahun lalu dan menjadi iOS terakhir iPhone 4s.

Masih dikutip dari laman sumber, Appe juga sudah mengirimkan surat peringatan kepada GitHub untuk menurunkan laman iBoot iOS 9 yang sempat bocor. Kini catatan tersebut sudah resmi hilang dari GitHub untuk mencegah dokumen tersebut disalahgunakan.

Sebetulnya iBoot iOS 9 yang bocor ini bukanlah kode program lengkap. Namun dari bagian tersebut, kabarnya pengembang Jailbreak bisa menggunakannya untuk riset keamanan dan mencari celah Jailbreak yang dapat digunakan. Beberapa data lain juga menyebutkan bahwa iOS 9 punya detail tersembunyi yang tidak pernah dijelaskan Apple atau dirilis. Salah satunya adalah data mengenai perangkat Apple TV dengan CPU A9X yang tidak pernah dirilis oleh Apple.


5 Cara Cepat Membedakan iPhone Bekas dan iPhone HDC (Palsu)

[source site_name = “macrumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2018/02/08/apple-iphone-source-code-leak-real/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest