Follow Us

Apple Rebut Pangsa Pasar dari Samsung di Korea Selatan selama Kuartal 4 2017

Andri Alfansyah - Rabu, 21 Februari 2018 | 19:24
Apple Rebut Pangsa Pasar dari Samsung di Korea Selatan selama Kuartal 4 2017

Firma riset pasar Strategy Analytics mengeluarkan data terbaru mengenai pangsa pasar smartphone, termasuk iPhone, selama kuartal 4 2017 lalu di Korea Selatan, kampung halaman sejumlah pabrikan ponsel raksasa yang tidak lain adalah Samsung dan LG.

Di Korsel, Apple berhasil menikmati pangsa pasar dengan kenaikan tertinggi. Dalam data SA seperti dilansir BusinessKorea, pangsa pasar Apple di Korea Selatan selama kuartal 4 2017 tercatat mengalami kenaikan sebesar 3,3 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Apple mengamankan pangsa pasar sebesar 28,3 persen dengan penjualan iPhone menembus angka 1,5 juta unit di periode tersebut. Di periode yang sama tahun sebelumnya, pangsa pasarnya tercatat sebanyak 25 persen.

Sementara Apple mengalami kenaikan pangsa pasar, Samsung harus rela kehilangan pangsa pasar cukup besar, yaitu 9 persen. Namun begitu, pangsa pasar pabrikan ponsel tersebut tetap berada di atas Apple dengan pangsa pasar sebesar 46 persen dan penjualan sebanyak 2,4 juta unit.

Sedangkan pabrikan ponsel Korsel lain, LG, mencatat kenaikan pangsa pasar hampir dua kali lipat. Pangsa pasarnya naik menjadi 15,7 persen di kuartal 4 2017 dari sebelumnya 8,3 persen di kuartal 4 2016 lalu.

Lantas sepanjang 2017, Samsung menguasai pangsa pasar sebesar 56,2 persen. Disusul di urutan kedua ada Apple dengan raihan pangsa pasar sebesar 17,7 persen. Sedangkan LG membuntuti dengan pangsa pasar 17,4 persen.


Baca juga:


Kenaikan pangsa pasar Apple di Korsel hadir menyusul mereka sudah membuka gerai pertamanya di negara tersebut pada 27 Januari lalu. Kehadiran gerai Apple urut menguatkan pangsa pasarnya di Korsel, sehingga berpengaruh terhadap pangsa pasar LG.

Menariknya, isu baterai yang sempat mencuat hebat awal tahun ini tidak berdampak signfikan terhadap penjualan iPhone di Korsel. Malah penjualannya mengalami kenaikan cukup tinggi di kuartal terakhir 2017.

Adapun iPhone X ternyata bukan model iPhone yang paling populer di Korsel. Hal ini lantaran harganya yang sangat mahal. Di negara tersebut, iPhone baru dengan desain layar bezeless dan fitur Notch tersebut dijual dengan harga 1,5 won.

iPhone yang paling laris di Korsel adalah model lama, seperti iPhone 6 dan iPhone 6s. Kedua iPhone tersebut menjadi model menengah ke bawah karena harganya yang terus diturunkan operator di sana di tengah penghabisan stok sehingga meningkatkan penjualan iPhone.

[source site_name = “BusinessKorea” site_url = “http://www.businesskorea.co.kr/english/news/ict/20562-despite-battery-gate-apple-enjoys-highest-ever-share-korean-smartphone-market-q4-2017”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest